Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:03:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-25T01:50:14Z2019-01-30T09:18:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33285This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/332852016-05-25T01:50:14ZPENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
PRESTASI BELAJAR STATIKA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 PAJANGAN
TAHUN AJARAN 2015/2016PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP
PRESTASI BELAJAR STATIKA SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 PAJANGAN
TAHUN AJARAN 2015/2016
Oleh:
Joni Ari Sandi
NIM. 12505244038
ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh kinerja guru
terhadap prestasi belajar Statika siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar
Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016; (2) ada tidaknya
pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Statika siswa kelas X Paket
Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016;
(3) ada tidaknya pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar secara bersamasama
terhadap prestasi belajar Statika siswa kelas X Paket Keahlian Teknik
Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Paket Keahlian Teknik
Gambar Bangunan SMKN 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 66
siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode
angket untuk mengumpulkan data kinerja guru dan motivasi belajar, sedangkan
metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar Statika. Teknik analisis
data untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi tunggal,
sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda pada
taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan
kinerja guru terhadap prestasi belajar Statika ditunjukkan dengan nilai t >
t (5,782 > 1,9976); (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar Statika ditunjukkan dengan nilai t > t (6,065 >
1,9976); (3) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru dan motivasi belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Statika ditunjukkan dengan nilai
F >F (6,065 > 1,9976). Berdasarkan hasil di atas maka dapat
disimpulkan bahwa keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang
diajukan.
Kata kunci: Kinerja Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar StatikaAri Sandi Joni