Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:15:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-08T07:10:06Z2016-11-08T07:10:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43402This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/434022016-11-08T07:10:06ZPELATIHAN PENULISAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BAGI PARA GURU SMP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAKegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan penulisan buku teks bahasa Indonesia bagi para guru sekolah menengah pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta . Untuk mencapai tujuan itu, metode yang digunakan ialah pelatihan dan lokakarya. Di samping itu, metode pendidikan orang dewasa (andragogi) diterapkan dengan memanfaatkan model pendekatan proses. Metode ini dipilih agar peserta bisa mengalami setiap langkah proses penulisan buku teks sesuai permasalahan dan kebutuhan yang dihadapinya di sekolah. Kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kegiatan ini diikuti oleh 21 guru SMP di Yogyakarta. Peserta berhasil mewujudkan 5 buku teks pelajaran bahasa Indonesia untuk SMP yang disusun secara kelompok berdasarkan permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi di sekolah. Semua buku teks telah dipresentasikan dalam diskusi dan sudah diperbaiki berdasarkan saran dari tim PPM dan peserta yang lain. Sebagian besar peserta merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Mereka merasa telah mendapat pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan.M.Hum. Joko Santoso2015-09-08T07:16:54Z2015-09-08T07:16:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25996This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/259962015-09-08T07:16:54ZINOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SAIN TEKNOLOGI DI SMP
BERBASIS MIKROKONTROLERPengembangan media pembelajaran untuk mata pelajaran sain teknologi yang ada di SMP memerlukan suatu sentuhan inovasi agar siswa dapat lebih tertarik, lebih berkreasi yang pada akhirnya akan meningkatkan kreatifitas mereka. Penelitian bertujuan untuk : (1) Mewujudkan media pembelajaran sain teknologi berbasis mikrokontroler di SMP, (2) Melakukan sosialisasi kepada guru-guru pengajar sain di SMP melalui pelatihan mikrokontroler, (3) Menguji keefektifan media pembelajaran.
Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua tahun. Tahun pertama berkaitan dengan penyiapan perangkat pembuatan media pembelajaran, yang meliputi : (a) perancangan , (b) merealisasikan rancangan, (c) Uji spesifikasi alat, (d) melakukan validasi. Penelitian tahun kedua merupakan kelanjutan dari hasil penelitian tahun pertama. Penelitian di mulai dengan melakukan sosialisasi melalui pelatihan mikrokontroler bagi guru-guru SMP pengajar sain teknologi di wilayah Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Magelang. Selanjutnya menguji keefektifan media pembelajaran. Pelaksanaan uji lapangan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman.
Penelitian telah berhasil mewujudkan media pembelajaran sain teknologi di SMP berbasis mikrokontroler yang terdiri dari input, proses dan output. Dari hasil sosialisasi yang dilakukan terhadap guru-guru terungkap beberapa kesan penilaian guru terhadap media bahwa media sangat menarik, bagus karena dianggap mampu memberikan gambaran riil sesuai kebutuhan sehari-hari. Dari angket terbuka siswa menyambut positip, dengan alasan : menyenangkan, suka, bagus, mengasikkan, sangat mengagumkan karena dapat mencoba hal yang belum diketahui, pengalaman baru, tidak membosankan, mudah dipahami untuk pembelajaran siswa, praktik lebih jelas. Hasil angket tertutup menunjukan bahwa motivasi belajar sain siswa dengan inovasi media pembelajaran sain teknologi berbasis mikrokontroler yang diukur berdasarkan kriteria motivasi sebagai dorongan bertindak kreatif 70 % sangat tinggi dan 30 % tinggi. Berdasarkan hasil diatas maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan inovasi media pembelajaran sain untuk SMP berbasis mikrokontroler efektif.Rochayati, Dra., M.T UmiWaluyanti, M.Pd SriM.Hum. Joko Santoso2015-09-08T07:14:52Z2015-09-08T07:14:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25995This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/259952015-09-08T07:14:52ZINOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SAIN TEKNOLOGI DI SMP
BERBASIS MIKROKONTROLERPengembangan media pembelajaran untuk mata pelajaran sain teknologi yang ada di SMP memerlukan suatu sentuhan inovasi agar siswa dapat lebih tertarik, lebih berkreasi yang pada akhirnya akan meningkatkan kreatifitas mereka. Penelitian bertujuan untuk : (1) Mewujudkan media pembelajaran sain teknologi berbasis mikrokontroler di SMP, (2) Melakukan sosialisasi kepada guru-guru pengajar sain di SMP melalui pelatihan mikrokontroler, (3) Menguji keefektifan media pembelajaran.
Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua tahun. Tahun pertama berkaitan dengan penyiapan perangkat pembuatan media pembelajaran, yang meliputi : (a) perancangan , (b) merealisasikan rancangan, (c) Uji spesifikasi alat, (d) melakukan validasi. Penelitian tahun kedua merupakan kelanjutan dari hasil penelitian tahun pertama. Penelitian di mulai dengan melakukan sosialisasi melalui pelatihan mikrokontroler bagi guru-guru SMP pengajar sain teknologi di wilayah Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Magelang. Selanjutnya menguji keefektifan media pembelajaran. Pelaksanaan uji lapangan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman.
Penelitian telah berhasil mewujudkan media pembelajaran sain teknologi di SMP berbasis mikrokontroler yang terdiri dari input, proses dan output. Dari hasil sosialisasi yang dilakukan terhadap guru-guru terungkap beberapa kesan penilaian guru terhadap media bahwa media sangat menarik, bagus karena dianggap mampu memberikan gambaran riil sesuai kebutuhan sehari-hari. Dari angket terbuka siswa menyambut positip, dengan alasan : menyenangkan, suka, bagus, mengasikkan, sangat mengagumkan karena dapat mencoba hal yang belum diketahui, pengalaman baru, tidak membosankan, mudah dipahami untuk pembelajaran siswa, praktik lebih jelas. Hasil angket tertutup menunjukan bahwa motivasi belajar sain siswa dengan inovasi media pembelajaran sain teknologi berbasis mikrokontroler yang diukur berdasarkan kriteria motivasi sebagai dorongan bertindak kreatif 70 % sangat tinggi dan 30 % tinggi. Berdasarkan hasil diatas maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan inovasi media pembelajaran sain untuk SMP berbasis mikrokontroler efektif.Rochayati, Dra., M.T UmiWaluyanti, M.Pd SriM.Hum. Joko Santoso2012-08-08T03:25:35Z2019-10-02T02:05:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3347This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33472012-08-08T03:25:35ZPELATIHAN PENULISAN BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PARA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAKegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan penulisan buku teks bahasa Indonesia bagi para guru sekolah menengah pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta . Untuk mencapai tujuan itu, metode yang digunakan ialah pelatihan dan lokakarya. Di samping itu, metode pendidikan orang dewasa (andragogi) diterapkan dengan memanfaatkan model pendekatan proses. Metode ini dipilih agar peserta bisa mengalami setiap langkah proses penulisan buku teks sesuai permasalahan dan kebutuhan yang dihadapinya di sekolah. Kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kegiatan ini diikuti oleh 21 guru SMP di Yogyakarta. Peserta berhasil mewujudkan 5 buku teks pelajaran bahasa Indonesia untuk SMP yang disusun secara kelompok berdasarkan permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi di sekolah. Semua buku teks telah dipresentasikan dalam diskusi dan sudah diperbaiki berdasarkan saran dari tim PPM dan peserta yang lain. Sebagian besar peserta merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Mereka merasa telah mendapat pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan. Kata kunci: pelatihan, buku teks, guru bahasa IndonesiaM.Hum. Joko Santoso2012-08-08T03:23:50Z2019-10-02T02:05:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3345This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33452012-08-08T03:23:50ZPELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WILAYAH KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAHABSTRAK Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan (i) pengetahuan mengenai penelitian tindakan kelas dan (ii) pelatihan penyusunan proposal sebagai rencana perbaikan kualitas pembelajaran. Untuk mencapai tujuan itu, metode yang digunakan ialah pelatihan dan lokakarya. Di samping itu, metode pendidikan orang dewasa (andragogi) diterapkan dengan memanfaatkan model pendekatan proses. Metode ini dipilih agar peserta bisa mengalami setiap langkah proses penyusunan proposal penelitian tindakan kelas sesuai permasalahan pembelajaran yang dihadapinya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang dari 25 orang guru bidang studi bahasa Indonesia yang ditargetkan. Peserta berhasil mewujudkan 5 draf proposal penelitian tindakan kelas yang disusun secara kelompok berdasarkan kebutuhan dan permasalahan yang mereka hadapi di sekolah. Semua proposal dapat diseminarkan dan diperbaiki berdasarkan saran, baik dari tim pengabdian masyarakat maupun dari sesama peserta. Sebagian besar peserta merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Mereka merasa telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan. Kata kunci: pelatihan, penelitian tindakan kelas, guru bahasa Indonesia M.Hum. Joko Santoso