Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:05:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-20T00:53:31Z2019-01-30T12:24:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44881This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/448812016-12-20T00:53:31ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL JENIS VIDEO PADA KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR MEKANIK
UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR
SMK IBU.S.SOEMOHARMANTO JATIPURNO WONOGIRIPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran audio visual jenis video pada Kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Mekanik Teknik Sepeda Motor Kelas X SMK Ibu.S.Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebarluasan). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kebutuhan, selanjutnya dilakukan proses perancangan yang meliputi pembuatan flowchart, storyboard, skrip, selanjutnya dilakukan tahap pengembangan yang meliputi menyiapkan komponen pendukung, memproduksi video dan audio, memprogram materi, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan skala besar. Data kelayakan produk diperoleh dari tanggapan, saran, dan kritik dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Data kelayakan produk berupa data kuantitatif dikonversikan menjadi data kualitatif. Kemudian tahap yang terakhir yaitu penyebarluasan. Pada tahap ini media pembelajaran dikemas ke dalam Compact Disk (CD) yang kemudian disebarkan secara terbatas di SMK Ibu.S.Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri.
Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan media dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebarluasan). Sedangkan Hasil kelayakan media pembelajaran audio visual jenis video pada Kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Mekanik sebagai berikut: (1) validasi ahli materi mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,48 dengan kategori sangat layak. (2) validasi ahli media mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,13 dengan kategori layak. (3) uji coba lapangan skala kecil mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,40 dengan kategori sangat layak. (4) uji coba lapangan skala besar mendapatkan rerata skor keseluruhan 3,42 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran audio visual jenis video pada kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Mekanik layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Nugroho Joko2013-10-30T08:02:55Z2019-01-29T18:47:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10699This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/106992013-10-30T08:02:55ZPENGARUH MOTIVASI DAN SIKAP KERJA DALAM MELAKSANAKAN
PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP HASIL PRAKTIK
KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 1 WATESPenelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh motivasi dalam
melaksanakan prakerin terhadap hasil prakerin siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates.
(2) Mengetahui pengaruh sikap kerja dalam melaksanakan prakerin terhadap hasil
prakerin siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates. (3) Mengetahui pengaruh motivasi
dan sikap kerja dalam melaksanakan prakerin terhadap hasil prakerin siswa kelas XI
SMK Ma’arif 1 Wates
Peneltian ini termasuk penelitian deskriptif dengan analisis regresi. Penelitian
ini merupakan penelitian sampel, dengan jumlah 203 siswa dari total 426 siswa kelas
XI SMK Ma’arif 1 Wates. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket.
Validitas instrumen diuji menggunakan expert judgement dan uji empiris
menggunakan korelasi Product Moment. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan
rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik
deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis
regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan bantuan program SPSS dan
Microsoft Excel 2007.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara motivasi siswa dalam melaksanakan prakerin terhadap hasil
prakerin siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai
koefisien korelasi sebesar 0,257 dan thitung sebesar 3,767 yang lebih besar dari ttabel
serta memberikan sumbangan efektif sebesar 4,99%. (2) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara sikap kerja siswa dalam melaksanakan prakerin terhadap
hasil prakerin siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates. Hal tersebut ditunjukkan dengan
nilai koefisien korelasi sebesar 0,209 dan thitung sebesar 3,030 yang lebih besar dari
ttabel serta memberikan sumbangan efektif sebesar 3,31%. (3) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan antara motivasi dan sikap kerja siswa dalam melaksanakan
prakerin terhadap hasil prakerin siswa kelas XI SMK Ma’arif 1 Wates. Hal tersebut
ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,083 dan Fregresi sebesar
3,767 yang lebih besar dari Ftabel dan memberikan sumbangan efektif sebesar 8,3%.Nugroho Joko