Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:55:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-21T06:19:34Z2019-01-30T14:52:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52187This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/521872017-08-21T06:19:34ZPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 WONOSARIPenelitian ini memiliki tujuan : (1) menghasilkan modul pembelajaran Gambar Teknik sebagai bahan ajar mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Negeri 3 Wonosari sesuai dengan kriteria modul yang telah ditetapkan; (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran Gambar Teknik yang telah dibuat sebagai bahan ajar mata pelajaran Gambar Teknik kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Wonosari.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Anik Ghufron. Prosedur pengembangan memuat empat tahapan, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji lapangan, dan tahap diseminasi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket skala Likert model empat pilihan. Modul pembelajaran Gambar Teknik divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media selanjutnya diujicobakan kepada sembilan peserta didik kelas X Teknik Audio Video 2 dan tiga puluh peserta didik kelas X Teknik Audio Video 3 SMK Negeri 3 Wonosari.
Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa modul pembelajaran Gambar Teknik sebagai bahan ajar pelajaran Gambar Teknik kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Wonosari. Isi modul tersebut terdiri dari judul, pendahuluan, pembelajaran, soal evaluasi, kunci jawaban, dan daftar pustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran secara keseluruhan layak atau baik untuk digunakan sebagai bahan ajar. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 3,25 dari nilai maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “layak”, rerata skor dari hasil uji lapangan awal dan uji lapangan utama sebesar 3,51 dari nilai maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”, rerata skor dari hasil uji operasional sebesar 3,30 dari nilai maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak” dan rerata keseluruhan dari hasil evaluasi oleh ahli materi, ahli media, serta respon peserta didik dari uji lapangan awal dan uji lapangan utama, serta respon peserta didik dari uji lapangan operasional memperoleh rerata skor sebesar 3,36 dari nilai maksimal 4 sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”.
Kata kunci : Modul Pembelajaran, Gambar Teknik, Kelas XPratama Jodhi