Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:34:19ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-01-21T01:39:38Z2019-01-30T06:03:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29202This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/292022016-01-21T01:39:38ZPENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE
UNTUK SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN
DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTAPENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE
UNTUK SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN
DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA
Oleh :
Jihad Falqianas A.
10504241027
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan elearning
siswa, mengembangkan e-learning berbasis Moodle, dan mengetahui
kelayakan e-learning berbasis Moodle pada mata diklat Sistem Penerangan untuk
siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di
Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Objek
penelitian ini berupa e-learning berbasis Moodle pada mata diklat Sistem
Penerangan untuk siswa kelas XI dengan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan
Ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif.
Hasil penelitian pendahuluan untuk mengidentifikasi kebutuhan e-learning
didapatkan (a) nama domain yang tepat “ben-dong.web.id”, (b) warna
background yang tepat untuk e-learning “putih”, (c) jenis font yang tepat untuk
isi materi “Times New Roman”, (d) ukuran font “13”, (e) warna font “Hitam”, (f)
tata letak teks “Rata kanan kiri” (g) Letak gambar pendukung materi “Tengah
Atas teks” (h) jenis file yang bisa diunduh “.doc”, (i) fitur atau aktivitas e-learning
yang perlu ditambahkan “Forum diskusi, chatting, kuis”, (j) Isi materi yang akan
diujicobakan “Sistem Penerangan”. Pengembangan e-learning berbasis Moodle
pada mata diklat Sistem Penerangan terdiri dari (a) desain produk, (b)
pengumpulan bahan produk, (c) pembuatan produk, (d) penilaian desain produk,
(e) revisi desain produk, (f) uji coba produk, (g) revisi produk. Kelayakan elearning
berbasis Moodle pada mata diklat Sistem Penerangan secara
keseluruhan dikategorikan layak, sehingga e-learning berbasis Moodle ini dapat
digunakan sebagai media pembelajaran untuk proses belajar mengajar.
Kata kunci: E-learning, Moodle, Sistem PeneranganFalqianas A. Jihad