Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:16:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-24T06:51:58Z2019-01-29T19:25:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13913This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/139132015-03-24T06:51:58ZUPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS AIR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS I C SD MUHAMMADIYAH BODON, BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012 / 2013Permasalahan yang dialami siswa belum berani untuk mengikuti pemberlajaran aktivitas air. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian siswa dalam pembelajaran aktivitas air melalui pendekatan bermain pada siswa kelas I SD Muhammadiyah Bodon.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Subyek penelitian adalah siswa kelas I C SD Muhammadiyah Bodon yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret sampai April 2013, pada semester genap tahun ajaran 2012-2013. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah : observasi terhadap guru, observasi siswa, observasi terhadap keberanian siswa, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data deskriptif kualitatif melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keberanian siswa dalam pembelajaran aktivitas air siswa kelas I C SD Muhammadiyah Bantul. Berdasarkan data hasil observasi keberanian siswa pada siklus I pertemuan pertama dengan skor 71,55% dan pada pertemuan kedua dengan skor 78,94% sedang pada siklus II keberanian siswa pada pertemuan pertama dengan skor
83,66% dan pada pertemuan kedua dengan skor 90,22%. Ada peningkatan 19%. Bila dibandingkan sebelum diberikan tindakan. Pada akhir siklus II skor keberanian siswa 90,22% ini sudah melampaui batas skor kriteria amat baik di SD Muhammadiyah Bodon.Jian Andri Kurniawan Jian