Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:41:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-29T01:09:26Z2019-01-30T11:56:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43973This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/439732016-11-29T01:09:26ZKELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MATA
PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1
KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) kelayakan penggunaan media
pembelajaran interaktif pada mata pelajaran mekanika teknik mengenai tegangan
yang ditinjau dari sudut pandang siswa di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara; (2)
perbedaan efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dibandingkan
media konvensional pada mata pelajaran mekanika teknik materi tegangan ditinjau
dari hasil belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Klaten utara.
Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan bentuk
nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas
X di SMK Muhammadiya 1 Klaten Utara dan kelas yang dijadikan sampel yaitu
kelas X ME dan Kelas X MF. Kelas X MF sebagai kelas eksperimen yaitu kelas
yang diberikan perlakuan pembelajaran dengan media pembelajaran interaktif
berupa flash, sedangkan kelas X ME sebagai kelas kontrol yaitu kelas dengan
metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dari tes prestasi (pretest dan
postest), kuisioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
dan uji t.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) media pembelajaran interaktif yang
digunakan pada penelitian ini mempunyai persentase kelayakan penggunaan
sebesar 82,39% yang artinya media tersebut termasuk dalam media yang
berkategori sangat layak. (2) terdapat perbedaan efektivitas media pembelajaran
interaktif dibandingkan media konvensional pada mata pelajaran mekanika teknik
materi tegangan ditinjau dari hasil belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1
Klaten utara. Hal ini berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar siswa
diperolehJem Jerry2016-08-01T03:48:41Z2019-10-01T12:01:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38090This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/380902016-08-01T03:48:41ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DI SMK N 3 YOGYAKARTA
HALAMAN JUDUL
DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTAPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang
dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa
mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk
diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga
pendidikan non formal.Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup
kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian.
Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu: tahap
persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL
meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program
PPL dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 Oktober 2014. Pelaksanaan
program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru
(perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat agenda harian guru,
analisis SK-KD, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media
pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang
diampu adalah kelas X TP1, X TP 2, X TP 3 dan X TP 4 dengan total jam pertemuan
dikelas adalah xxx jam. Evaluasi meliputi pembuatan soal praktikum dan teori serta
pembuatan tugas untuk siswa. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan
dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang
sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) berlangsung.
Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk
meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk
melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian,
praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga
kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan
output yang andal.Jem Jerry