Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:58:11ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-27T08:35:21Z2019-01-30T10:01:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37637This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/376372016-07-27T08:35:21ZANALISIS MATERI PEMBELAJARAN ASPEK PSIKOMOTOR DAN
KESESUAIANNYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI
OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA/SMK MITRA UNYPenelitian ini dilatarbelakangi oleh narasi materi pembelajaran dalam RPP
khususnya pada aspek psikomotor mengajarkan teknik dasar dalam suatu
permainan olahraga. Selain itu dari pengamatan peneliti dari sebagian SMA/SMK
mitra UNY, materi pembelajaran yang diajarkan pada siswa juga mengarah teknik
dasar suatu permainan olahraga. Berdasarkan permasalahan tersebut maka,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan psikomotorik yang diajarkan
dan kesesuaiannya antara materi dengan kurikulum yang digunakan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode
penelitian analisis dokumen (analisis isi). Populasi dalam penelitian ini yaitu guru
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA/SMK mitra UNY. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar
dokumentasi yang telah divalidasi oleh 3 expert judgement.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 55% guru cenderung
memunculkan tahap kemampuan perseptual, sedangkan tahap gerakan terampil
memiliki persentase sebesar 42%. Dalam sebuah RPP guru cenderung
memunculkan 2 tahap psikomotorik yaitu sebanyak 59,09%. Tahap psikomotorik
kemampuan perseptual juga cenderung muncul dalam materi permainan bola
besar yaitu sebesar 56%. Pada kurikulum 2006 tahap psikomotorik kemampuan
perseptual dan gerakan terampil memiliki persentase kecenderungan yang sama
yaitu 50%. Kemampuan perseptual mendominasi pada kurikulum 2013 yaitu
sebesar 60%. Pembelajaran psikomotorik dengan kurikulum yang digunakan juga
menunjukkan kesesuaian yaitu sebesar 73% sesuai dengan kompetensi dasar dan
77% sesuai dengan indikator.Jefri Hermawan