Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:22:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-06-25T02:14:31Z2019-10-02T07:59:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57110This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/571102018-06-25T02:14:31ZANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN AKHIR SEMESTER BERBASIS KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 MAGELANGUjian akhir semester merupakan salah satu cara untuk mengukur tingkat kemampuan siswa. Tetapi terdapat banyak kekurangan dalam penyelenggaraan ujian akhir semester seperti beban guru dalam mengkoreksi hasil ujian, risiko kecurangan peserta ujian, kehilangan/kerusakan lembar jawaban, dan pemborosan kertas. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas pelaksanaan ujian akhir semester menggunakan sistem berbasis web, (2) menjamin kualitas perangkat lunak yang dikembangkan dengan melakukan pengujian yang memenuhi standar ISO 25010, meliputi aspek functional suitability, usability, reliability, performance efficiency, dan maintainability.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Rational Unified Process (RUP). RUP memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu inception, elaboration, construction, dan transition.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sistem ujian akhir semester untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan ujian akhir semester. (2) Sistem telah memenuhi standar kualitas ISO 25010 pada aspek functional suitability sebesar 1 (semua fitur dapat diimplementasikan), aspek usability sebesar 85.33% (sangat layak) dan alpha cronbach sebesar 0.87 (excellent), aspek reliability subkarakteristik successful sessions sebesar 100%, successful pages sebesar 100%, dan successful hits sebesar 99.99%, aspek performance efficiency subkarakteristik page speed sebesar 98.04%, YSlow sebesar 90.97%, dan waktu respon sebesar 1.13 detik, dan aspek maintainability sebesar 100 (sangat mudah dirawat).Anjasmoro Adi Nugrohoanjasmoro@student.uny.ac.idHandaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T09:58:22Z2015-10-26T07:35:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5930This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59302012-09-19T09:58:22ZUPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)SISWA KELAS X MELALUI PEMANFAATAN MODUL TIK DI SMA N 1 NGEMPLAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian dan prestasi belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa melalui pemanfaatan modul TIK di kelas X SMA N 1 Ngemplak.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa tes evaluasi, lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang telah terkumpul diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XC dengan memanfaatkan modul TIK, peningkatan dapat dilihat dari semakin banyaknya siswa yang memperoleh skor kemandirian belajar pada interval atas yaitu pada interval 22.5 – 26.4 dari 0 siswa (0%) pada Siklus 1, meningkat menjadi 3 siswa (6%) pada siklus 2 dan pada interval 18.5 – 22.4 dari 3 siswa (8%) pada siklus 1 meningkat sebanyak 22 siswa (61%) pada siklus 2. Hasil tes evaluasi menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, hasil evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 83 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 93 pada siklus II. Sedangkan nilai simpangan baku pada siklus I sebesar 10 turun menjadi 8 pada siklus II. Adanya penurunan pada simpangan baku tersebut dapat mempersempit rentang nilai antara yang tinggi dan rendah sehingga nilai siswa dikelas menjadi lebih homogen. Berdasar hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian dan prestasi belajar TIK siswa kelas XC melalui pemanfaatan modul TIK.
Handaru Jatihandaru@uny.ac.idIrma Rofni Wulandariirmarofni@gmail.com2012-09-19T09:02:27Z2015-10-26T07:34:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5892This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58922012-09-19T09:02:27ZOPEN-SOURCE IMPLEMENTATION FOR E-LEARNING SYSTEM IN INDONESIAN UNIVERSITIESUniversity and educational organizations have different strategies in deploying E-learning systems, one of which is the use of open-source e-learning systems. This research is designed to analyze the implementation of elearning system using open source in the Indonesian universities. The survey result shows that the majority of elearning system from public and private universities in Indonesia use open source which is integrated to the university portal. The integration is considered favorable as it generally improve the content quality of e-learning system. This survey shows that the most frequently used open system system in Indonesian university is moodle. The finding also indicates that the content of e-learning websites of the Indonesian Universities is relatively low in quality compared to world class universities e-learning website.Handaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:59:35Z2012-09-19T08:59:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5893This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58932012-09-19T08:59:35ZPenerapan Web Dinamis untuk Media pembelajaran Distance LearningSistem pembelajaran jarak jauh berbasis web dinamis memiliki tujuan sebagai fasilitator terjadinya interaksi antara dosen dan mahasiswa, dan mempercepat proses pembelajaran. Keuntungan lain dari sistem ini adalah adanya teknologi internet yang memungkinkan akses ke sistem secara lebih fleksibel.
Penelitian ini bagian dari rekayasa perangkat lunak yang diawali dengan identifikasi masalah, rancang bangun, implementasi, dan diakhiri dengan analisis dari sistem yang dibuat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kualitas dari perangkat lunak sebagai analisis dari sistem.
Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran jarak jauh berbasis web memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan sistem pembelajaran berbasis tradisional. Hasil lain juga menunjukkan bahwa kualitas dari sistem pembelajaran jarak jauh memenuhi kriteria untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran dalam aspek functionality, content validation, compatibility, security, usability and reliability. Dalam aspek maintainabilty, sistem juga menunjukkan bahwa faktor kemampuan untuk dianalisis mencapai skor 91.6%, kemampuan untuk diuji 80, dan kestabilan dan scalability juga mencapai nilai yang tinggi.Handaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:56:47Z2015-10-26T07:34:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5923This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59232012-09-19T08:56:47ZPERBANDINGAN PERFORMA SITUS WEB UNIVERSITAS DI INDONESIAHandaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:54:18Z2015-10-26T07:34:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5924This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59242012-09-19T08:54:18ZPerformance Evaluation of Malaysian University WebsiteIn recent years, many people have devoted their efforts to the issue of Web site performance. Web performance testing can be divided into many categories. It is usually performed in different aspects such as user interface, functionality, interface compatibility, load/stress, and security. This research investigates Malaysian university performance of the website under the World Wide Web environment. In the World Wide Web environment, we measure real data and obtain response time via the evaluation procedure. This research conducts some tests to measure the performance of a web site via a website test. To get results on the performance of a Web site, we measure some data from the calculate page size, composition, and download time, markup validation ,number of broken link, and number of link connected to the site. Based on the observation result indicates that web sites performance of the Malaysian University website is relatively low compared to world class university website.Handaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:51:51Z2015-10-26T07:34:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5925This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59252012-09-19T08:51:51ZPERFORMANCE EVALUATION ON QUALITY OF ASIAN AIRLINES WEBSITES – AN AHP PPROACHIn recent years, many people have devoted their efforts to the issue of quality of Web site. The concept of quality is consisting of many criteria: quality of service perspective, a user perspective, a content perspective or indeed a usability perspective. Because of its possible instant worldwide audience a Website’s quality and reliability are crucial. The very special nature of the web applications and websites pose unique software testing challenges. Webmasters, Web applications developers, and Website quality assurance managers need tools and methods that can match up to the new needs. This research conducts some tests to measure the quality web site of Asian flag carrier airlines via web diagnostic tools online. We propose a methodology for determining and evaluate the best airlines websites based on many criteria of website quality. The approach has been implemented using Analytical Hierarchy Process (AHP) to generate the weights for the criteria which are much better and guarantee more fairly preference of criteria. The proposed model uses the AHP pairwise comparisons and the measure scale to generate the weights for the criteria which are much better and guarantee
more fairly preference of criteria. The result of this study confirmed that the airlines websites of Asian are neglecting performance and quality criteria.Handaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:49:56Z2015-10-26T07:34:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5926This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59262012-09-19T08:49:56ZStudy on Performance Appraisal Method of Vocational Education Teachers using PROMETHEE IIEvaluating vocational education teachers’ performance is an important link of teaching management and an important guarantee of improving teaching quality. In conducting teaching, research and community service, vocational education teachers should weight more on quality than quantity. In this context, individual habit reacts to the demanded jobs which are influenced by his/her knowledge, attitude, and skill. Teacher’s performance evaluation is nothing but a Multi Criteria Decision Making Problem (MCDM). There are several quality attributes that influence the efficiency of a potential vocational education teacher while guiding his/her students towards a positive and value added academic outcome. However, the importance of quality attributes may differ from individuals’ perspective. In other words, different attributes may have different weightage according to their priority of significance while evaluating quality/performance level of a vocational education teacher.
This paper makes the vocational education teachers’ performance appraisal quantitative and determines the evaluation index based on academic performance. Criteria for performance are: teaching load, publication, research, conferencing, consultancy, services, teaching attitude, teaching content, teaching method, and teaching effect. The Analytic Hierarchy Process (AHP) and PROMETHEE (Preference Ranking Organisation METHod for Enrichment Evaluations) II analysis were used in performance appraisal.
Application feasibility of this method approach and guidelines in solving such a multi-attribute decision making problem has been described illustratively in this paper. It is also observed that this MCDM approach is a viable tool in solving the teacher selection decision problems. It allows the decision maker to rank the candidate alternatives more efficiently and easily.
Keywords: performance, teaching, Analytic Hierarchy Process, PROMETHEE II. Handaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:47:30Z2015-10-26T07:34:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5927This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59272012-09-19T08:47:30ZPENINGKATAN KEAKTIVAN DALAM KBM DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) DI SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2010/2011 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dalam KBM dan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Sedayu melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknis mencari pasangan (make a match). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah kelas XI TKJ B pada semester ganjil SMK Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan adanya peningkatan prestasi dan keaktifan belajar mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan dengan menggunakan metode pembelajran kooperatif teknik mencari pasangan (Make a Match). Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari berubahnya nilai kelas interval dari tahap pre-test ke siklus I, siklus II ke siklus III, terlihat semakin tinggi nilai prestasi hasil belajar siswa.Handaru Jatihandaru@uny.ac.idNurul InayahcipowMuach@gmail.com2012-09-19T08:45:18Z2015-10-26T07:34:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5928This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59282012-09-19T08:45:18ZHUBUNGAN TINGKAT KETERAMPILAN TIK DENGAN PERSEPSI TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PGSD UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGAMasalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah mencari hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning, mencari hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar mahasiswa. Dan mencari hubungan tingkat keterampilan TIK dengan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat keterampilan TIK mahasiswa Program studi S1 PGSD, 2) Mendeskripsikan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD UKSW terhadap penggunaan e-learning, 3) Mendeskripsikan hubungan antara tingkat ketrampilan TIK dengan persepsi mahasiswa Program studi S1 PGSD terhadap penggunaan e-learning, 4) Mendeskripsikan hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning dengan hasil belajar dan 5) Mendeskripsikan hubungan antara tingkat ketrampilan TIK terhadap dengan hasil belajar mahasiswa. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional, yang mencari hubungan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan E-learning, persepsi dengan hasil belajar, dan keterampilan TIK dengan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa progam S1 PGSD FIKP UKSW peserta perkuliahan yang diselenggarakan dengan E-learning. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data dilakukan dalam 2 tahapan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik korelasi dengna menggunakan Kendal Tau. Berdasar hasil analisis statistik korelasi dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat keterampilan TIK dengan persepsi mahasiswa dengan penggunaan E-learning. Tetapi tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa dengan penggunaan E-learning dengan hasil belajar. Dan yang terakhir terdapat hubungan yang positif signifikan antara keterampilan TIK dengan hasil belajar mahasiswa.
Kata kunci: Tingkat keterampilan TIK, PersepsiHandaru Jatihandaru@uny.ac.idNila Prawitasar Kristyaningrum2012-09-19T08:43:02Z2012-09-19T08:43:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5929This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59292012-09-19T08:43:02ZPELAKSANAAN PENJADWALAN MOVING CLASS (KELAS BERPINDAH) SMA NEGERI 3 BANTUL SEBAGAI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRIPenelitian ini bertujuan Untuk mengetahui alokasi waktu yaitu jumlah total alokasi waktu untuk melakukan perpindahan ruang bagi siswa dan guru dan tingkat penggunaan ruang mata pelajaran sebelum dan setelah dilakukan pengembangan jadwal dengan penetapan ruang sebagai pertimbangan dalam memaksimalkan penggunaan ruang mata pelajaran dalam pelaksanaan proses KBM dengan sistem pembelajaran moving class (kelas berpindah) pada Jadwal Khusus Jelang UN Tahun 2011di SMA Negeri 3 Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/ RnD) pendidikan yang terfokus pada jadwal sebagai bagian dari administrasi pendidikan yaitu administrasi kurikulum Penelitian dilakukan pada bulan Desember-Februari 2011, berlokasi di SMA Negeri 3 Bantul. Masa Uji coba sekaligus implementasi jadwal dilakukan selama 4 minggu sekaligus revisi pada setiap minggu masa uji coba dan implementasi. Aspek yang diteliti yaitu, alokasi waktu yang digunakan siswa dan guru untuk melakukan perpindahan ruang serta tingkat penggunaan ruang masing-masing mata pelajaran. Perhitungan alokasi waktu didasarkan pada asumsi-asumsi data yang disusun peneliti yang berpedoman pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan alokasi waktu perpindahan siswa dan guru mengalami penurunan dari kondisi sebelum ke setelah penetapan ruang. Untuk siswa, persentase penurunannya adalah 39.41 % untuk hari Selasa, 29.44% untuk hari Rabu, 32.38 % untuk hari Kamis, 25.49 % untuk hari Jumat dan 37.30 % untuk hari Sabtu. Untuk guru, persentase penurunannya adalah 67.90 % untuk hari Senin, 61.11 % untuk hari Selasa, 70.43 % untuk hari Rabu, 54.67 % untuk hari Kamis, 69.57 % untuk hari Jumat dan 63.48 % untuk hari Sabtu. Sedangkan untuk tingkat penggunaan ruang cenderung mengalami peningkatan yaitu Ruang Matematika 5.80 %; Ruang Bahasa Jawa 50.00 %; Ruang Pendidikan Agama Islam 40.00 %, Ruang Kimia (Non Lab) 28.21 %; Ruang Ekonomi 22.22 %; Ruang Geografi 37.50 %; Ruang Fisika (Non Lab) 33.33 %; Ruang Bahasa Inggris (+ Conversation) 9.38 %; Ruang Sosiologi 34.62 %; Ruang PKn 50.00 %; Ruang Bahasa Indonesia 42.31 %; Ruang Biologi 14.29 %; dan Ruang Sejarah 3.57 %.Handaru JatiWahyu Widyaningsih2012-09-19T08:40:38Z2015-10-26T07:34:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5889This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58892012-09-19T08:40:38ZDECISION SUPPORT SYSTEM FOR MANAGING AND DETERMINING INTERNATIONAL CLASS PROGRAM: GA AND AHP APPROACH This study proposes a new method, a hybrid model for managing and determining the proposed International class based on many criteria of academic performance in university. The approach has been implemented as a decision support system allowing evaluation of various criteria and scenarios. The new model combines two different methods in decision support system: Analytical hierarchy Process (AHP) and Grey Analysis, the proposed model uses the AHP pairwise comparisons and the measure scale to generate the weights for the criteria which are much better and guarantee more fairly preference of criteria. Applying the system as decision-support facility for the management has resulted in significant acceleration of planning procedures and implementation, raised the overall effectiveness with respect to the underlying methodology and ultimately enabled more efficient academic administration.Handaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:38:27Z2012-09-19T08:38:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5887This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58872012-09-19T08:38:27ZDecision Support System for Managing and Determining
International Class ProgramIndonesian higher education today is faced with serious challenges that will threaten the existence of some universities. An increasing international competition will require that universities take a progressive approach to attract enough students to ensure their survival. One way the universities must improve is in the quality of their administration management. While universities in Indonesia do not compare well internationally, steps can be taken to improve the quality. There are potential lessons to be learned from corporate experience in quality control management. Decision-making in the field of academic resource planning involves extensive analysis of many data originating from multiple systems. Academic resource planning management is concerned with management resources in order to effectively support the university’s educational framework (such as offered degrees, enrolment and retention, resources teaching, course structure and curriculum). We propose a methodology for managing and determining the proposed International class based on many criteria of academic performance in university. The approach has been implemented as a decision support system allowing evaluation of various criteria and scenarios. The system combines two different methods in decision support system: Analytical hierarchy Process (AHP) and linear weightage model, the proposed model uses the AHP pairwise comparisons and the measure scale to generate the weights for the criteria which are much better and guarantee more fairly preference of criteria. Applying the system as decision-support facility for the management has resulted in significant acceleration of planning procedures and implementation, raised the overall effectiveness with respect to the underlying methodology and ultimately enabled more efficient academic administration.Handaru Jatihandaru@uny.ac.id2012-09-19T08:36:50Z2012-09-19T08:36:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5886This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58862012-09-19T08:36:50ZAnalysis of Green Computing Strategy in University: Analytic Network Process (ANP) ApproachStrengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) analysis do not provide an analytical means to determine the importance of the identified factors of green computing strategy and implementation. Although the SWOT analysis successfully explores the factors, individual factors are usually described very generally. For this reason, SWOT analysis possesses deficiencies in the measurement and evaluation of green computing steps. Even though the analytic hierarchy process (AHP) technique eliminates these deficiencies, it does not allow for measuring the possible dependencies among the individual factors. The AHP method assumes that the green computing factors presented in the hierarchical structure are independent; however, this assumption may be inappropriate in light of certain situation. Therefore, it is important to utilize a form of SWOT analysis that calculates and takes into account the possible dependency among the factors. This paper demonstrates a process for quantitative SWOT analysis of green computing implementation that can be performed even when there is dependence among strategic factors. The proposed algorithm uses the analytic network process (ANP), which allows measurement of the dependency among the green computing implementation factors, as well as AHP, which is based on the independence between the factors. There are four alternatives: campus awareness program, computer procurement, increase in heat removal requirement, and increase in equipment power density for improving the implementation of green computing in campus. Dependency among the SWOT factors is observed to effect the strategic and sub-factor weights, as well as to change the strategy priorities. Based on ANC method, the best alternative for this implementation is computer procurement.Handaru Jati