Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:56:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-11T03:25:26Z2019-01-30T06:30:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29647This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/296472016-02-11T03:25:26ZSTUDI KOMPARASI ANTARA GURU YANG TELAH MENGIKUTI
SERTIFIKASI DAN YANG BELUM TERHADAP KUALITAS PROSES
BELAJAR MENGAJAR DI SELURUH SMK NEGERI DI WILAYAH
KABUPATEN OKUT (OGAN KOMERING ULU TIMUR)
SUMATERA SELATANSTUDI KOMPARASI ANTARA GURU YANG TELAH MENGIKUTI
SERTIFIKASI DAN YANG BELUM TERHADAP KUALITAS PROSES
BELAJAR MENGAJAR DI SELURUH SMK NEGERI DI WILAYAH
KABUPATEN OKUT (OGAN KOMERING ULU TIMUR)
SUMATERA SELATAN
Oleh :
Jamhari
NIM 06502241015
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
penguasaan materi, pelaksanaan proses belajar mengajar, kepribadian dan
kemampuan penilaian kelas yang merupakan sub variabel dari proses belajar
mengajar antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum
mengikuti sertifikasi di seluruh SMK Negeri Kabupaten Okut (Ogan Komering
Ulu Timur) Sumatera Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis
penelitian komparasi. Subjek penelitian ini adalah semua guru di seluruh SMK
Negeri Kabupaten Okut (Ogan Komering Ulu Timur) Sumatera Selatan, dengan
jumlah guru yang telah mengikuti sertifikasi sebanyak 13 orang dan guru yang
belum mengikuti sertifikasi sebanyak 64 orang. Pengumpulan data menggunakan
angket dan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji t sampel
independen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan penguasaan
materi antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum
mengikuti sertifikasi, (2) Terdapat perbedaan pelaksanaan proses belajar mengajar
antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan guru yang belum mengikuti
sertifikasi, (3) Terdapat perbedaan kepribadian antara guru yang telah mengikuti
sertifikasi dengan guru yang belum mengikuti sertifikasi, (4) Terdapat perbedaan
kemampuan penilaian kelas antara guru yang telah mengikuti sertifikasi dengan
guru yang belum mengikuti sertifikasi.
Kata kunci: sertifikasi guru, kualitas proses belajar mengajar.Jamhari Jamhari2015-04-02T05:00:03Z2019-01-29T20:10:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15182This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/151822015-04-02T05:00:03ZHUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS BAWAH DI SD NEGERI GUMULAN KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTULStatus gizi dan kemampuan motorik siswa sekolah dasar perlu diperhatikan. Pemenuhan kebutuhan zat gizi yang baik dapat menunjang kemampuan motorik siswa yang akan berpengaruh dalam kehidupannya mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan kemampuan motorik siswa kelas bawah di SD Negeri Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi menggunakan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas bawah di SD Negeri Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul, dengan jumlah 80 anak. Untuk variabel status gizi, pengukuran menggunakan tes Berat Badan / Tinggi Badan (BB/TB), dan untuk variabel kemampuan motorik, dengan instrumen sebagai berikut: Standing Broad Jump, Shot-put dan Berat Badan. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antara status gizi dengan kemampuan motorik sebesar 0,409. Pengujian hipotesis, diperoleh t hitung sebesar 22,252 lebih besar dari t tabel sebesar 1,664. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status gizi dengan kemampuan motorik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status gizi dengan kemampuan motorik siswa kelas bawah di SD Negeri Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul.
Kata kunci: status gizi, kemampuan motorikJamhari Jamhari