Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:57:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-12T06:42:39Z2019-05-09T01:48:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12937This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/129372015-03-12T06:42:39ZKeefektifan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellektual (SAVI) dalam Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif, Sikap Matematika, dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMK TeknikTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar kognitif, sikap matematika, dan hasil belajar psikomotor siswa kelas XI SMK Teknik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas XI SMK Siwa Lima St.Yosep Langgur yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas tersebut, kelas XI TKRA dan XI TKRB dipilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya, kedua kelas yang terpilih diambil secara acak untuk memilih kelas yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas XI TKRB sebagai kelas eksperimen, diberikan pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan kelas XI TKRA sebagai kelas kontrol, diberikan pembelajaran dengan pendekatan direct instruction. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes hasil belajar kognitif, angket sikap matematika siswa, dan soal tes hasil belajar psikomotor. Untuk melihat keefektifan pendekatan SAVI terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, data dianalisis menggunakan uji statistik Analisis Varians Multivariat (MANOVA) dan Analisis Varians Univariat (ANOVA).
Hasil penelitian pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa pendekatan SAVI efektif terhadap hasil belajar kognitif, sikap matematika, dan hasil belajar psikomotor siswa kelas XI SMK Siwa Lima St.Yosep Langgur. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil belajar kognitif, sikap matematika, dan hasil belajar psikomotor siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SAVI lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan direct instruction.Maria Sofia Jaflean