Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:23:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T00:55:20Z2019-10-01T12:01:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38309This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/383092016-08-03T00:55:20ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB)
KULON PROGOPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bentuk pengabdian
perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui
peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan
memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti
kegiatan belajar mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi
kepada masyarakat dan warga belajar. Dengan adanya PPL, diharapkan akan
memberi manfaat bagi masyarakat atau warga belajar dan dapat mengembangkan
kreatifitas serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam belajar di tengahtengah
masyarakat dan warga belajar. Kegiatan PPL ini penulis laksanakan di
UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo.
Penyususnan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah
instansi UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kulon Progo. Observasi di lakukan
dengan metode wawancara, melihat data demografi dan melihat langsung kondisi
lapangan aktivitas kegiatan di SKB Kulon Progo khususnya di bagian kesetaraan
dan TPA/KB Pelangi Nusa di UPTD SKB Kab. Kulon Progo. Berdasarkan hasil
observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan
kebutuhan pembelajaran yang berada di paket B dan paket C, serta TPA/KB Pelangi
Nusa. Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan,
melaksanakan, serta mengevaluasi program. Sementara program mengajar tidak
terlalu ditekankan.
Dari hasil observasi tersebut, maka di susunlah suatu program utama yaitu
monitoring dan evaluasi program life skill TIK, program pengembangan program life
skill TIK dan mengajar sejarah kelas XI. Adapun program penunjang yaitu model
pembelajaran life skill menjahit, parenting, strategi pengembangan koleksi TBM
Damar Gemilang. Sasaran dari program ini adalah untuk warga belajar paket C,
TPA/KB Pelangi Nusa. Dengan diadakannya praktik pengalaman lapangan maka
mahasiswa dapat melatih keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, serta
mengevaluasi program.Irawan Syarifuddin Daher Irawan Syarifuddin Daher