Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:20:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-10T04:23:16Z2019-01-30T14:45:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51865This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/518652017-08-10T04:23:16ZANALISIS KETERAMPILAN PROSES IPA DASAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK-TERPADU PADA SISWA KELAS IV B DI SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES KULON PROGOKeterampilan proses IPA dasar merupakan suatu keterampilan yang penting untuk dilatihkan karena memberikan kesempatan siswa untuk menemukan konsep IPA melalui proses pembelajaran secara aktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis keterampilan proses IPA dasar dalam pembelajaran tematik-terpadu pada siswa kelas IV B di SD Percobaan 4 Wates.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek guru dan siswa. Data diambil dari perencanaan pembelajaran melalui dokumentasi RPP dan wawancara guru, data pelaksanaan pembelajaran melalui observasi dan wawancara guru serta siswa, data evaluasi diperoleh melalui observasi siswa, dan data faktor pendukung serta penghambat diperoleh melalui observasi dan wawancara guru serta siswa. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran tidak jauh berbeda dari rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam melatihkan keterampilan proses, guru memberikan kesempatan untuk berdiskusi dalam kelompok kecil dan besar, menelaah keterampilan proses yang digunakan siswa, mendorong adanya review bersama, menggunakan metode, alat dan media pembelajaran. Keterampilan proses IPA dasar yang dilatihkan, berbeda antara perencaanaan dan pelaksanaannya. Pada perencanaan guru hanya melatihkan keterampilan mengamati, mengkomunikasikan, dan menginferensi. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran, guru juga melatihkan keterampilan memprediksi. Keterampilan proses yang ditunjukkan siswa yaitu mengamati, mengkomunikasikan, menginferensi, dan memprediksi. Faktor pendukungnya yaitu: antusias siswa yang tinggi, usaha keras guru dalam mempersiapkan pembelajaran, alat dan media yang cukup memadai, dan tersedianya buku guru. Faktor penghambatnya yaitu: sebagian besar siswa kurang percaya diri, keluhan guru yang merasa kesulitan melatihkan keterampilan proses karena kemampuan dalam IPA masih terbatas, penyimpanan alat dan media yang tidak teratur dan jumlahnya terbatas, serta melatihkan keterampilan proses yang tergantung pada materi.
Kata kunci: Keterampilan proses IPA dasarInshofa Inshofa2017-07-07T03:25:46Z2019-10-01T11:36:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50540This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/505402017-07-07T03:25:46ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES, KULON PROGOPPL merupakan singkatan dari Praktik Pengalaman Lapangan yang
merupakan satu rangkaian mata kuliah yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa.
PPL biasanya dilaksanakan di suatu lembaga yang sesuai dengan jurusan masingmasing
mahasiswa yang telah bekerjasama dengan UNY. SD Negeri Percobaan 4
Wates merupakan salah satu lembaga khususnya sekolah yang ditunjuk oleh pihak
UNY untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2016. SD Negeri Percobaan 4
Wates di gunakan untuk PPL oleh mahasiswa jurusan PGSD Guru Kelas Fakultas
Ilmu Pendidikan UNY. Tujuan dari diadakanya program PPL yaitu untuk melatih
mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh di bangku
kuliah. Tentunya juga untuk melatih mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi
keguruan yang harus dikuasai oleh seorang guru. Selain itu juga memberikan
pengalaman dalam pengelolaan sekolah yang tidak hanya mengajar namun juga halhal
lain yang ada di sekolah.
Kegiatan PPL yang utama adalah mengajar di kelas. Sebelum mengajar atau
sebelum melaksanakan proses pembelajaran dikelas ada beberapa hal yang harus di
persiapkan antara lain menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
membuat media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Selain mengajar, kegiatan
lain yaitu membantu menyelesaikan pekerjaan- pekerjaan dan mengikuti kegiatanlain
yang ada di sekolah.
Dari pelaksanaan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan
bahwa kegiatan PPL memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran dan segala permasalahan yang ada di sekolah.
Selain itu juga memberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang telah di perolehnya, serta dapat meningkatkan hubungan yang
baik antara UNY dengan sekolah yang terkait, yaitu SD Negeri Percobaan 4 Wates.Inshofa Inshofa