Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:13:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-10T07:54:50Z2019-01-30T06:28:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29605This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/296052016-02-10T07:54:50ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK
MA’ARIF 1 WATESEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK
MA’ARIF 1 WATES
Oleh:
Inggrid Dwi Astuti
NIM : 10518241029
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui efektivitas
penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran
jaringan dasar dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, (2)
mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif antara
penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode
pembelajaran konvensional, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar pada aspek
psikomotorik penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan
metode pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-
Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian
Teknik Komputer Jaringan SMK Ma’arif 1 Wates sebanyak 53 siswa dengan
membagi dua kelompok sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design.
Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan parametrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan
penggunaan metode pembelajaran konvensional, efektivitas tersebut dapat
dilihat pada skor gain kelas eksperimen sebesar 0,80 termasuk dalam kategori
tinggi sedangkan pada kelas kontrol memiliki skor gain sebesar 0,64 termasuk
dalam kategori sedang, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara
peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif siswa yang menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran
konvensional, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada
aspek psikomotorik siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional.
Kata kunci: kognitif siswa, model pembelajaran, Problem Based Learning,
psikomotor siswa.Dwi Astuti Inggrid2015-06-23T04:38:57Z2019-01-29T23:55:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21223This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/212232015-06-23T04:38:57ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MA’ARIF 1 WATESTujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran jaringan dasar dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional pada aspek kognitif, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar pada aspek psikomotorik penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi-Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Ma’arif 1 Wates sebanyak 53 siswa. Siswa dibagi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan parametrik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai rerata skor skor gain sebesar 0,80 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan efektivitas penggunaan metode pembelajaran konvensional memiliki skor gain sebesar 0,64 termasuk dalam kategori sedang, (2) terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional pada aspek kognitif, (3) terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional pada aspek psikomotorik.
Kata kunci: kognitif, model pembelajaran, Problem Based Learning, psikomotorDwi Astuti InggridInggridinggid@gmail.com