Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:42:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-29T08:05:58Z2019-10-01T11:49:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35599This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/355992016-06-29T08:05:58ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
LOKASI SMP NEGERI 3 GODEANPraktik Pengalaman Lapangan merupakan program wajib bagi setiap
mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan
adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan
yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian
masing-masing. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang
profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya
dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Praktikan atau mahasiswa PPL
mengajar mata pelajaran sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain melakukan
praktik mengajar mahasiswa juga melakukan kegiatan sekolah seperti setiap hari
Senin dan Hari Nasional mengikuti upacara bendera, mengikuti iket sapa pagi
bersama guru, penataan perpustakaan dan sebagainya. Pelaksanaan PPL ini bertempat
di SMP Negeri 3 Godean.
Kegiatan yang dilakukan praktikan dalam PPL meliputi kegiatan yang
diprogramkan oleh UNY maupun diprogramkan secara individu oleh praktikan.
Kegiatan tersebut meliputi pengajaran mikro, pembekalan, pembuatan perangkat
pembelajaran serta praktik mengajar yang dalam pelaksanaannya dapat berjalan
lancar. Pelaksanaan PPL ini sangat bermanfaat untuk praktikan meskipun di dalam
pelaksanaannya terdapat hambatan-hambatan, tetapi hambatan-hambatan tersebut
dapat diminimalisir dengan adanya refleksi dan umpan balik dari guru pembimbing.
Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 3 Godean antara lain praktik mengajar
mata pelajaran seni tari sebanyak 10 kali tatap muka di kelas VII C dan VII D.
Banyak hal-hal yang harus dilalui selama pelaksanakan PPL, tetapi semua dapat
teratasi dengan adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah
seperti pihak birokrasi, guru pembimbing dan juga siswa. Dengan demikian kegiatan
PPL dapat memberikan banyak manfaat untuk sekolah maupun praktikan dalam
rangka mengembangkan kompetensi dan sebagai latihan sebelum akhirnya terjun ke
masyarakat.Indri Yuni Lestari Indri Yuni Lestari