Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:57:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-16T06:26:23Z2019-10-01T12:01:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39922This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/399222016-08-16T06:26:23ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI:
SMP N 2 SRANDAKANSekolah Menengah Pertama Negeri 2 Srandakan merupakan sekolah favorit
yang terdapat di Kecamatan Srandakan Bantul, Yogyakarta. Yang memiliki jumlah
kelas sebanyak 18 kelas yang terbagi atas 6 kelas VII, 6 kelas VIII, dan 6 kelas IX.
Praktek pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk
pengembangan sumber daya manusia yang bersifat praktis dan diharapkan memiliki
dampak langsung yang dapat dilaksanakan dan diimplementasikan di masyarakat.
Dalam hal ini, masyarakat Pendidikan (warga sekolah). Serta kebermanfaatan bagi
mahasiswa sebagai praktikan untuk mengembangkan kemampuanya dalam mengajar
di dalam kelas secara yang sesungguhnya, selain itu mahasiswa akan mendapatkan
pengalaman untuk meningkatkan kompetensi sebagai calon guru yang professional.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh mahasiswa di dalam kelas
menghasilkan rumusan program PPL yang meliputi media pembelajaran, metode
pembelajaran, buku acuan, kondisi siswa dan guru. Dari hasil obervasi yang
dilakukan, SMP N 2 Srandakan belum menerapkan pelajaran IPS secara terpadu.
Sehingga praktikan mahasiswa IPS merumuskan untuk mengajar secara terpadu,
yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada guru mata pelajaran IPS
terhadap pembelajaran terpadu. Selain itu praktikan juga melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan kurikulum 2013.Indri Hermaini Indri Hermaini