Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:37:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-09T20:04:07Z2019-01-30T06:28:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29592This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/295922016-02-09T20:04:07ZEFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN
LANGSUNG UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN
POLA GAUN DI SMK NEGERI 1 BUKATEJA-PURBALINGGAEFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN
LANGSUNG UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN
POLA GAUN DI SMK NEGERI 1 BUKATEJA-PURBALINGGA
Oleh:
Indri Fitriyati
NIM 09513244006
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian kompetensi
pembuatan pola gaun pada pembelajaran sebelum menggunakan metode drill
siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga, 2) Pencapaian
kompetensi pembuatan pola gaun pada pembelajaran sesudah menggunakan
metode drill siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga
dan 3) Efektivitas penggunaan metode drill dalam pembelajaran langsung untuk
pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun siswa kelas XI busana butik SMK
Negeri 1 Bukateja-Purbalingga.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan desain preeksperimen
(pre-Experimental Designs) dengan tipe One-Group pretets-Posttest
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI busana butik SMK
Negeri 1 Bukateja-Purbalingga yang berjumlah 52. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini dengan teknik probability sampling berupa simple random sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data yaitu tes
dan observasi yang terdiri dari tes pengetahuan bentuk soal pilihan ganda,
observasi sikap dan penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrumen tes dan
observasi menggunakan validitas isi (content validity). Uji reliabilitas instrumen
menggunakan KR-20 dan Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan
statistik deskriptif dan analisis t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian kompetensi
pembuatan pola gaun pada pembelajaran sebelum menggunakan metode drill
siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga dari 26 siswa
yaitu sebanyak 17 siswa (34,62%) belum mencapai KKM sedangkan yang telah
mencapai KKM sebanyak 9 siswa (65,38%) dengan nilai tertinggi 83,00, nilai
terendah 66 dan nilai rata-rata 70,69. 2) Pencapaian kompetensi pembuatan pola
gaun pada pembelajaran sesudah menggunakan metode drill siswa kelas XI
busana butik di SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga dari 26 siswa (100%) telah
mencapai KKM dengan nilai tertinggi 88,00, nilai terendah 75 dan nilai rata-rata
80,69. 3) Efektivitas penggunaan metode drill dalam pembelajaran langsung
untuk pencapaian kompetensi pembuatan pola gaun pada siswa kelas XI busana
butik SMK Negeri 1 Bukateja-Purbalingga menunjukkan bahwa, terdapat
perbedaan pencapaian kompetensi yang signifikan antara nilai pretest dan
posttest, pencapaian kompetensi siswa dengan menggunakan metode drill
memiliki pencapaian kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan pencapaian
kompetensi yang tidak menggunakan metode drill.
Kata kunci: metode drill, pencapaian kompetensiFitriyati Indri