Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:44:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-08T07:15:23Z2019-01-30T09:18:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33241This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/332412016-06-08T07:15:23ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK TOPIK
MATRIKS DI SMK KELAS XPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS)
berbasis Pendidikan Matematika Realistik untuk topik Matriks di SMK kelas X
yang layak digunakan, yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan
ADDIE yang meliputi tahap analysis (analisis), design (perancangan),
development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation
(evaluasi). Pada tahap analisis, dilakukan analisis kebutuhan, analisis materi,
analisis kurikulum, dan analisis siswa. Pada tahap perancangan, dilakukan untuk
perancangan produk dan perancangan instrumen. Pada tahap pengembangan,
dilakukan pengembangan instrumen penilaian LKS, pengembangan dan
melakukan revisi awal. Pada tahap implementasi, dilakukan ujicoba LKS di kelas
X SMK PIRI 3 Yogyakarta. Pada tahap evaluasi dilakukan analisis kualitas
produk yang dihasilkan.
Kualitas LKS berdasarkan aspek kevalidan memenuhi kriteria valid
dengan skor rata-rata 4,60 dari skor maksimal 5 dan memiliki klasifikasi sangat
baik. Pada aspek kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata
angket respon guru 3,75 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi sangat baik,
skor rata-rata angket respon siswa 3,15 dari skor maksimal 4 dengan klasifikasi
baik, dan rata-rata persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran adalah
92,22% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan aspek keefektifan LKS
memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan siswa pada post-testRahma Dewi IndrayantiAryadi Wijaya