Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:21:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-30T02:42:43Z2019-01-30T10:45:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40831This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/408312016-08-30T02:42:43ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD SISWA KELAS I SDN SUROKARSAN 2 YOGYAKARTAABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta sebanyak 29 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja keterampilan membaca permulaan.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi rating scale dan soal tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta mengalami peningkatan dengan baik. Hal ini terbukti dari pencapaian rerata pada pratindakan persentasenya sebesar 41,38%, pada siklus I meningkat menjadi 58,62% dan pada siklus II menjadi 82,76%. Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 59,38% meningkat menjadi 84,37% pada siklus II. Peningkatan keterampilan membaca permulaan
dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek ketepatan, lafal, intonasi, kelancaran dan kejelasan suara. Langkah-langkah penelitian dalam meningkatkan
keterampilan membaca permulaan menggunakan media flash card yaitu: 1) siswa mengamati media flash card yang telah disusun dan dipegang guru, 2) guru menunjukkan kartu dengan cara mengambil kartu yang paling depan dan meletakannya di urutan paling belakang sambil mengucapkan kata-kata yang
terdapat dalam flash card hingga kartu terakhir, 3) siswa membaca dan mengikuti ucapan guru dengan memperhatikan flash card dalam waktu yang relatif cepat, 4)siswa praktik membaca permulaan secara individu.
Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media flash card, sekolah dasarAvivtin Oktavi Indrayani