Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:26:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-12-22T01:34:02Z2019-01-30T05:49:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28878This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/288782015-12-22T01:34:02ZPENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH CC
DENGAN METODE PROBLEM POSING LEARNING
UNTUK PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN FILM/DRAMA
DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan
media pembelajaran berbasis Adobe Flash CC dengan metode Problem Posing
Learning untuk pembelajaran memproduksi teks ulasan film/drama pada kelas XI
di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan atau
Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan yang
dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Sugiyono(2013) yang
disederhanakan hanya sampai uji coba produk secara terbatas. Pengambilan data
dilakukan dengan validasi ahli media, validasi ahli materi, dan uji coba terbatas di
SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan mengubah
data kuantitatif ke data kualitatif menggunakan pedoman skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan (1) data hasil
validasi ahli media menunjukkan tingkat kelayakan aspek tampilan media adalah
83,75% dengan rerata skor 3,35dan tingkat kelayakan aspek pemrograman media
adalah 91,75% dengan rerata 3,67, (2) data hasil validasi ahli materi menunjukkan
tingkat kelayakan aspek isi pembelajaran adalah 100% dengan skor rerata 4, dan
tingkat kelayakan aspek penyajian materi adalah 98% dengan skor rerata 3,92, (3)
data hasil uji coba guru 1 menunjukkan tingkat kelayakan media adalah 82,5%
dengan skor rerata 3,3, (4) data hasil uji coba guru 2 menunjukkan tingkat
kelayakan media adalah 79,37% dengan skor rerata 3,17, dan (5) data hasil uji
coba siswa menunjukkan tingkat kelayakan media yang dikembangkan adalah
78,45% dengan rerata skor 3,14.Sely Indraswari