Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:45:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-29T02:57:17Z2019-01-29T03:03:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24033This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/240332015-07-29T02:57:17ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
BERBANTUAN PCB WIZARD TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK DASAR
ELEKTROMEKANIK DI SMK NEGERI 2 PENGASIHEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
BERBANTUAN PCB WIZARD TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK DASAR
ELEKTROMEKANIK DI SMK NEGERI 2 PENGASIH
Oleh:
Indra Yogi Setiadi
NIM. 11501244012
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berbantuan PCB Wizard pada ranah kognitif apabila dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di pembelajaran
praktik dasar elektromekanik, (2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berbantuan PCB Wizard pada ranah afektif apabila dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di pembelajaran praktik
dasar elektromekanik, dan (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berbantuan PCB Wizard pada ranah psikomotorik apabila dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di pembelajaran praktik
dasar elektromekanik.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKL 1 (eksperimen) dan X TKL 2 (kontrol) Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 2 Pengasih. Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif pada ranah kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran praktik dasar elektromekanik
(thitung = 4,632 > ttabel = 1,998), rata-rata kognitif kelas kontrol = 75,56 sedangkan kelas eksperimen = 85,88, (2) Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif
pada ranah afektif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran praktik dasar elektromekanik (thitung = 7,266 > ttabel = 1,998), rata-rata afektif kelas kontrol = 60,16 sedangkan kelas eksperimen = 68,03, (3) Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif pada ranah psikomotorik siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran praktik dasar elektromekanik (thitung = 6,137 > ttabel = 1,998), rata-rata psikomotorik kelas kontrol = 63,25 sedangkan kelas eksperimen = 74,94.
Kata Kunci: Kompetensi, Pembelajaran Berbasis Proyek, PCB Wizard dan Praktik Dasar ElektromekanikSetiadi Indra Yogi