Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:14:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:31:15Z2019-01-29T15:58:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4404This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44042015-03-20T03:31:15ZTINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA MAMPUDIDIK KELAS DASAR DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1
BANTUL
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar
anak tunagrahita mampudidik kelas dasar di SLB N 1 Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita mampudidik kelas dasar yang berjumlah 30 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes motorik kasar, meliputi locomotor skills dan object control skills. Locomotor skills terdiri dari lari jarak 50 kaki (15,24 m), lari cepat (gallop), meloncat, melompat berjingkrak, lompat mendatar, lompat sebanyak 3 kali, bergeser, sedangkan object control skills terdiri dari memukul dengan dua tangan, melambungkan bola, menangkap bola, menendang bola, lemparan ayunan tinggi. Sebelum tes motorik kasar tersebut digunakan untuk mengumpulkan data, terlebih dahulu tes tersebut diujicobakan agar mendapatkan instrumen yang benar-benar valid (sahih) serta reliabel (andal), sehingga dilakukan uji validitas dengan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Person dengan taraf signifikan 5% dan uji reliabilitas dengan teknik alpha cronbach. Berdasarkan hasil ujicoba instrumen kemampuan motorik kasar anak tunagrahita mampudidik sekolah dasar yang terdiri dari 12 item tes dinyatakan valid (sahih) dan telah diperoleh koefisien alpha sebesar 0,963 dengan status reliabel (andal). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase tingkat kemampuan motorik kasar anak tunagrahita mampudidik kelas dasar di SLB N 1 Bantul disertai dengan bantuan program computer SPSS-16 edisi Sutrisno Hadi, Yogyakata Indonesia versi IBM/IN.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan motorik kasar anak tunagrahita mampudidik kelas dasar di SLB N 1 Bantul secara keseluruhan sebanyak 0 siswa (0%) mempunyai kemampuan motorik kasar kurang, 0 siswa (0%) mempunyai kemampuan motorik kasar sedang, dan 30 siswa (100%) mempunyai kemampuan motorik kasar baik. Frekuensi terbanyak pada kategori baik, yaitu sebesar 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan motorik kasar anak tunagrahita mampudidik kelas dasar di SLB N 1 Bantul adalah baik.
Kata kunci: kemampuan motorik kasar, anak tunagrahita mampu didik.
Indra Nurvianto