Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:47:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-05T00:47:46Z2019-10-01T11:36:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50330This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/503302017-07-05T00:47:46ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan
oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga
kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman
kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan majerial di sekolah atau lembaga, dalam
rangka melatih dan mengambangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, (2)
memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati
permasalahan sekolah atau lembaga, baik terikat atau dengan proses pembelajaran maupun
kegiatan manajerial kelembagaan, (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke
dalam kegiatan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan, (4) memacu pengembangan
sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, (5)
meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau
lembaga pendidikan terkait.
Kegiatan PPL dilaksanakan secara beberapa tahap mulai dari observasi sekolah, micro
teaching, pelaksanaan PPL di sekolah dan penyusunan laporan yang dilaksanakan di SMK
Sahid Surakarta, yang berlokasi di Jalan Yosodipuro No.87 Timuran, Banjarsari. Kota
Surakarta ini dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 dan diakhiri pada tanggal 15 September
2016. Dalam prakatik mengajar praktikan mengampu mata pelajaran Persiapan Pengolahan di
kelas X Jasa Boga 1, 2, dan 3. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, metode yang
digunakan adalah ceramah, latihan soal, diskusi, tanya jawab, CTL (Contextual Teaching and
Learning), dan Inquiry. Praktik mengajar di dalam kelas dilakukan secara terbimbing, artinya
dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru pembimbing mendampingi atau memberikan
pengawasan dan evaluasi.
Kesimpulan dari kegiatan PPL adalah (1) PPL merupakan wadah bagi mahasiswa
untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasainya kedalam
praktik keguruan atau praktik kependidikan, (2) PPL sebagai sarana untuk menyiapkan dan
menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memliki nilai, sikap, pengetahuan
dan keterampilan professional, (3) PPL menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan,
fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab sekolah secara nyata. Adapun hambatan-hambatan
yang dialami dapat diatasi dan dijadikan sebuah pengalaman berharga bagi perjalanan
menjadi seorang pendidik kelak.Indra Dwi Saputra Indra Dwi Saputra