Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:49:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-09T19:54:21Z2019-01-30T06:28:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29590This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/295902016-02-09T19:54:21ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP
PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN KERAJINAN
MANIPULATING FABRIC DI SMP NEGERI 2 PIYUNGANABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP
PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN KERAJINAN
MANIPULATING FABRIC DI SMP NEGERI 2 PIYUNGAN
Oleh :
Indra Pertiwi
05513241012
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pencapaian kompetensi
keterampilan kerajinan manipulating fabric pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol di SMP Negeri 2 Piyungan. 2) untuk mengetahui perbedaan pengaruh
pencapaian kompetensi keterampilan kerajinan manipulating fabric antara kelas
yang menggunakan media benda nyata (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak
menggunakan media benda nyata (kelas kontrol) di SMP Negeri 2 Piyungan”
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Piyungan sebanyak 5 kelas (VIII
A, B, C, D, dan E). Teknik penentuan sampel, pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol menggunakan random sampling kelas dengan cara undian. Teknik
penggumpulan data menggunakan lembar penilaian unjuk kerja. Teknik analisis
data menggunakan uji- t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pencapaian kompetensi
keterampilan kerajinan manipulating fabric pada kelas eksperimen yaitu 89.3 %
tergolong pada kategori sudah mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal), sedangkan pada kelas kontrol yang tergolong pada kategori sudah
mencapai nilai KKM sebanyak 67.8%. 2) Ada perbedaan pengaruh pencapaian
kompetensi keterampilan kerajinan manipulating fabric antara kelas yang
menggunakan media benda nyata (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak
menggunakan media benda nyata (kelas kontrol) di SMP Negeri 2 Piyungan”. Hal
tersebut dapat dibuktikan dengan Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai t hitung
2.938 dan nilai t tabel 2.048 pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, dilihat dari nilai
rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen 77.50, dan kelas kontrol
72.32. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang berbunyi
“Ada perbedaan pengaruh pencapaian kompetensi keterampilan kerajinan
manipulating fabric antara kelas yang menggunakan media benda nyata (kelas
eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan media benda nyata (kelas
kontrol) di SMP Negeri 2 Piyungan”, dapat diterima. Artinya penggunaan media
benda nyata lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran keterampilan
kerajinan manipulating fabric di SMP Negeri 2 Piyungan”.
Kata Kunci: Media benda nyata, pencapaian kompetensi, manipulating fabricPertiwi Indra