Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:31:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-24T02:28:08Z2019-01-29T19:20:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13780This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/137802015-03-24T02:28:08ZTINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA
DI SMK PGRI SENTOLOPenelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti terhadap perilaku siswa selama berada di sekolah. Ada siswa yang menunjukkan perilaku menyimpang dari tata tertib sekolah namun peneliti juga menemukan siswa yang menujukkan kematangan secara emosional dalam pengendalian diri yang beberapa dari kelompok ini adalah peserta ekstrakurikuler olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMK PGRI Sentolo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan adalah survei dan menggunakan instrumen angket. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan 20 siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga atau mengikuti ekstrakurikuler tetapi bukan ekstrakurikuler olahraga Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha dari Cronbach.
Hasil penilitian menujukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMK PGRI Sentolo sebanyak 0 siswa (0%) mempunyai tingkat kecerdasan emosional sangat rendah, 3 siswa (7,5%) rendah, 15 siswa (37,5%) sedang, 17 siswa (42,5%) tinggi, dan 3 siswa (7,5%) sangat tinggi.Indra Surya Wibawa Indra