Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:10:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-05T00:38:23Z2019-01-29T18:17:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9757This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/97572013-02-05T00:38:23ZMENINGKATKAN PRES
BILANGAN PECAH
KOOPERATIF
SISWA KE
AJ
Diaju
un
guna
PROGRAM ST
JURUSAN PEND
UNI
i
PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN DAN
ECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBE
TIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHE
A KELAS IV B SD NEGERI DERESAN TAH
AJARAN 2011/2012 DEPOK SLEMANTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar
penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas IV B SD Negeri
Deresan Depok Sleman dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif
Teknik Numbered Heads Together (NHT).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam pelaksanaan tindakan
terdapat 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri
Deresan Depok Sleman yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data penelitian
menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan
ganda dan essay, serta lembar observasi. Pada setiap akhir siklus terdapat tes yang
digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis
secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas IV B SD Negeri Deresan dalam penjumlahan dan pengurangan
bilangan pecahan. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan oleh
hasil tes. Pada pretes ada 11 siswa (35,5%) dari seluruh siswa yang mendapat nilai
diatas KKM (>60). Hasil tes pada siklus I ada 24 siswa (77,42%) dan pada siklus
II ada 27 siswa (90,32%). Nilai rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 70,32 dan
pada siklus II yaitu 85,08. Persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar
77,50% dan pada siklus II sebesar 87,50%.
Kata Kunci : prestasi belajar, penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan,
model pembelajaran kooperatif, teknik Numbered Heads Together
(NHT) Sari Inayah Pratiwi