Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:22:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-14T03:42:40Z2019-01-29T12:05:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45841This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/458412017-01-14T03:42:40ZDampak Sertifikasi terhadap Kinerja Guru-Guru IPA di Sekolah
Dasar (SD) Negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah-NTBPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dampak sertifikasi terhadap kinerja guru-guru IPA di SD Negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah – NTB, ditinjau dari aspek pembuatan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survei yang dilaksanakan di 13 SD negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya. Populasi penelitian ini adalah 24 orang guru yang telah lulus sertifikasi pada tahun 2006 – 2009 dan sampel dipilih
sebanyak 13 orang yang dipilih secara proportional stratified random sampling. Data mengenai kinerja guru diperoleh dari isian lembar angket, observasi, dan
wawancara kepada 13 kepala sekolah, 13 teman sejawat, dan 54 siswa dari ke-13 SD negeri. Data dari isian angket oleh kepala sekolah, teman sejawat, dan siswa dianalisis dengan teknik analisis kovarian untuk mengetahui ada tidaknya dampak sertifikasi terhadap kinerja guru, sedangkan data observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada dampak sertifikasi terhadap kinerja guru-guru IPA di SD Negeri se-Kecamatan Praya Barat Daya dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut penilaian kepala sekolah dan teman sejawat dengan diperoleh harga F masing-masing sebesar 45,16 dan 15,45. Selain itu, sertifikasi juga memberikan dampak pada kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran menurut penilaian kepala sekolah, teman sejawat, dan siswa dengan diperoleh harga F masing-masing sebesar 3,13; 3,50; dan 62,56. Walaupun demikian, berdasarkan hasil observasi, kinerja guru dalam pembuatan RPP dan pelaksanaan pembelajaran di kelas masih berkategori
rendah dengan perolehan skor rerata sebesar 37,77 dan 75,15.Ali Imran