Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:19:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-25T07:02:52Z2019-01-30T09:52:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36693This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/366932016-07-25T07:02:52ZTATA RUANG SEKOLAH BERWAWASAN ADIWIYATA
DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTAABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tata ruang sekolah
berwawasan Adiwiyata di SMP Negeri 4 Yogyakarta pada bangunan dan
lingkungan luar ruang yang dilihat dari elemen pembentuk dan pengisi ruang,
sistem penataan dan pengkondisian ruang, elemen estetis, dan kesesuaiannya
terhadap standar dan komponen utama program Adiwiyata.
Penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan objek penelitian SMP
Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian lebih difokuskan pada permasalahan mengenai
kondisi dan pengelolaan ruang beserta sarana prasarana yang sesuai dengan
program Adiwiyata. Data diperoleh dengan teknik observasi, dokumentasi dan
wawancara. Analisis data dilakukan lewat reduksi dan penyajian data sebelum
dilakukan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji triangulasi sumber data
dilakukan untuk mengetahui keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata ruang berwawasan Adiwiyata
yang diterapkan di SMP Negeri 4 Yogyakarta adalah sebagai berikut: (1)
Pengelolaan ruang, bangunan dan tata lingkungan dilakukan dengan menambah
ruang untuk melengkapi sarana prasarana dan tidak mengubah struktur bangunan
karena merupakan salah satu Bangunan Cagar Budaya di DIY. (2) Elemen
pembentuk dan pengisi ruang disesuaikan dengan ketentuan program Adiwiyata
dengan penggunaan bahan ramah lingkungan pada perabot dan partisi ruang. (3)
Sistem penataan ruang (zoning, sirkulasi, tata letak) pada bangunan sekolah
dikelompokkan sesuai dengan jenis, fungsi dan kebutuhan pengguna serta arus
gerak kegiatan. (4) Sistem tata kondisi ruang menggunakan pencahayaan dan
penghawaan alami dan penanaman pohon peneduh serta sistem akustik melalui
penggunaan material penyerap bunyi,(5) Tersedianya sarana prasarana pendukung
ramah lingkungan seperti: ruang terbuka hijau, air bersih dan pengelolaan sampah.
Program Adiwiyata di SMP Negeri 4 Yogyakarta 85% telah terlaksana sesuai
standar program yang ditetapkan, namun belum bisa dikategorikan sebagai
bangunan Green Architecture berdasarkan standar IGEM dan GREENSHIP
karena belum ada kelengkapan dokumen dan uji laboratorium mengenai kadar
kelembaban udara, intensitas kandungan CO2, kualitas air serta tingkat kebisingan
di lingkungan sekolah.Khoirul Imam