Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:14:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-11T01:46:24Z2019-10-01T11:49:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32540This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/325402016-05-11T01:46:24ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SD N MARGOYASAN
TAHUN AKADEMIK 2015/2016NIM 12108241179
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh mahasiswa Strata 1 kependidikan untuk memperoleh gelar
Sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL bertujuan untuk memberikan
pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga
nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya.
Program PPL di SD Negeri Margoyasan yang beralamat di Jalan Tamansiswa nomor
4, dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015.
Selama kegiatan PPL berlangsung, mahasiswa diwajibkan minimal
melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing sebanyak empat kali, dan ujian
praktik pembelajaran minimal sebanyak dua kali. Adapaun jadwal praktik
pembelajaran terbimbing penyusun adalah sebagai berikut:
No Hari, Tanggal Kelas Mapel/Tema Materi
1) Jum‟at, 14 Agustus 2015 VB Matematika FPB dan KPK
2) Jum‟at, 21 April 2015 IVB IPS Simbol dalam Peta
3) Rabu, 26 Agustus 2015 IIA
Tema hiburan
(PKn)
Hidup Rukun, Saling Berba
Dan Tolong MenolongAntarsesama
4) Jum‟at, 28 Agustus 2015 VA IPA Alat Peredaran Darah
Sedangkan jadwal Ujian praktik pembelajaran yang dilakukan penyusun
adalah sebagai beriku:
No Hari, Tanggal Kelas Mapel/Tema Materi
1) Selasa, 1 September 2015 IA
Tema Lingkungan
(Bahasa Indonesia)
2) Sabtu, 05 September 2015 IVA Bahasa Indonesia Surat Pribadi
Secara garis besar, pelaksanaan program PPL di SD Negeri Margoyasan
berjalan dengan lancar tanpa menjalani halangan yang cukup berarti. Manfaat yang
dapat diambil dari pelaksanaan program PPL ini antara lain mahasiswa mendapatkan
pengalaman dan keterampilan dalam mengajar secara riil di sekolah. Selain itu,
mahasiswa juga mengerti cara berpikir dan bekerja secara disiplin baik dalam
kegiatan pembelajaran maupun dalam memecahkan permasalahan- permasalahan
Hidup Rukun
PuisiIma Heni Rochayati Ima Heni Rochayati