Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:51:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-04T02:25:05Z2019-03-09T07:46:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12284This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/122842015-03-04T02:25:05ZPENGEMBANGAN BOARD GAME MATEMATIKA DI SD NEGERI WADASARI, KABUPATEN SERANGMatematika adalah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bahkan oleh sebagian pelajar dianggap menakutkan. Demikian itu terjadi karena adanya rasa takut akan matematika yang mendekam dalam fikiran (Buxton, 1984:1). Rasa takut ini terjadi dikarenakan adanya Mind in Chaos (Buxton, 1984:85), yaitu suatu kesan negatif yang dibiarkan terjadi sejak mereka masih kecil, yang pada akhirnya hingga dewasa kesan negatif tersebut, yang menyatakan bahwa matematika itu sulit dan menakutkan tetap tertanam. Salah satu saran yang diajukan untuk mengatasinya adalah melalui permainan dan pengalaman menarik lain yang terkait dengan matematika. Metode penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan atau R & D (Research and Development). Dengan mendapat bantuan expert judgement dari: 1).Dr. Budi Koestoro (Program Magister Pendidikan UNILA), 2).Drs. Edi Prajitno, M.Pd (FMIPA UNY) dan 3).Drs. Yuyu Yuhana, M.Si (FKIP Untirta) dengan percobaan lapangan di SDN Wadasari, Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Hasil penelitian adalah board game matematika yang menyajikan permainan dan pengalaman menarik terkait dengan matematika bagi siswa sekolah dasar.Fathurrohman MamanNindiasari HepsiRahayu Ilmiyati2012-10-30T01:01:34Z2012-10-30T01:01:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6926This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69262012-10-30T01:01:34ZMENGEMBANGKAN BOARD GAME LABIRIN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS RENDAH GUNA MENGHINDARI MIND IN CHAOS TERHADAP MATEMATIKAMatematika adalah salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa di sekolah. Hanya sayangnya banyak siswa yang beranggapan bahwa materi pembelajaran matematika adalah materi yang sulit dan tidak menyenangkan. Mengacu pada Buxton (1984 :1) and (1984 :85) kondisi ini terjadi karena adanya mind in chaos yaitu suatu kekacauan fikiran terhadap sesuatu tertentu (dalam hal ini adalah matematika). Dan upaya mengatasi hal tersebut adalah melalui pengalaman dan kegiatan (aktivitas) yang bisa memberikan gambaran yang baik dan positif terhadap sesuatu yang mengacaukan fikiran tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Dimana prosesnya dibagi dalam tiga fase yaitu : 1). Pre-Research (Survey), 2). Development (Including expert judgement and field test experiments), dan 3). Impact factor.
Hasil penelitian adalah dikembangkannya board game labirin matematika yang secara signifikan diharapkan bisa memberikan pengalaman yang baik dan positif bagi siswa
Keywords : R & D, mind in chaos, board gameFathurrohman Mamanmaman@mail.ugm.ac.idNindiasari HepsiRahayu Ilmiyati