Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:45:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-24T02:09:19Z2019-01-29T19:19:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13763This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/137632015-03-24T02:09:19ZHAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUATIK DI SD N JIGUDAN DAN SD N GUMULAN KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTULPenelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya pelaksanaan pembelajaran akuatik di SD N Jigudan dan SD N Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dialami oleh guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan pembelajaran akuatik di SD N Jigudan dan SD N Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan datanya menggunakan teknik observasi dan wawancara/interview. Subyek dalam penelitian ini adalah 4 guru pendidikan jasmani di SD N Jigudan dan SD N Gumulan. Data yang diperoleh dari hasil wawancara kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat faktor yang diteliti faktor yang menghambat guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan pembelajaran akuatik yang pertama adalah dari faktor guru itu sendiri. Faktor yang menghambat guru untuk melaksanakan pembelajaran akuatik yaitu, penguasaan materi, penggunaan media, dan kreatifitas guru. Hambatan kedua guru untuk melaksanakan pembelajaran akuatik adalah keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran akuatik. Hambatan yang ketiga adalah dari faktor kurikulum. Pemilihan materi yang dipilih oleh guru kurang tepat dan dengan pemilihan materi yang kurang tepat menyebabkan alokasi waktu di RPP tidak terlaksana dengan maksimal saat pembelajaran. Juga guru belum menguasai materi yang ada didalam kurikulum. Hambatan yang terakhir yaitu dari faktor siswa. Karena metode mengajar guru kurang menarik mengakibatkan siswa tidak kondusif saat pembelajaran.
Kata kunci: hambatan guru pendidikan jasmani, pembelajaran akuatik.Suryandani Ilik