Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:26:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-10Z2019-01-29T20:39:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15884This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/158842015-04-10ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGGAYAM PLERET BANTULPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis puisi bebas pada pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan model quantum teaching siswa kelas V SD Negeri Karanggayam Pleret Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc Taggart melalui 3 tahapan, perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan menulis puisi bebas, lembar observasi guru dan siswa, catatan lapangan, serta dokumentasi. Validasi instrumen tes dilakukan melalui expert judgment. Data dianalisis dengan teknik kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 75% siswa mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas sebesar ≥ 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum teaching dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis puisi bebas pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal itu dapat dibuktikan dengan siswa mempunyai motivasi untuk mengikuti pembelajaran, siswa mengamati gambar dan menyimak video serta memperhatikan penjelasan guru, siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai contoh puisi bebas, siswa dapat menulis puisi bebas, siswa berani untuk membacakan puisinya di depan kelas, siswa dapat merefleksi pembelajaran yang telah dilalui, dan siswa juga dapat menghargai puisi karya temannya. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi bebas pada siklus I meningkat sebesar 14,11 dari 53,91 pada kondisi awal menjadi 68,02. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 8,75 dari 68,02 menjadi 76,86. Selain itu, peningkatan siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 50% dari 4,55% menjadi 54,55%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 31,81% dari 54,55% menjadi 86,36%.
Kata kunci: keterampilan menulis puisi bebas, Quantum Teaching.Sari Ika Puspita