Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:26:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:29:57Z2019-01-29T16:26:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6061This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60612015-03-20T03:29:57ZPROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN
DI SMA NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJOABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Profesionalisme
Kepala Sekolah Perempuan di SMA Negeri Di Kabupaten Purworejo, mengetahui
kendala yang dihadapai kepala sekolah perempuan dalam kepemimpinanya.
mengetahui upaya kepala sekolah perempuan untuk mengatasi kendala dalam
kepemimpinanya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain fenomenologi jenis
deskriptif. Informan kunci penelitian adalah tiga orang kepala sekolah perempuan,
sementara informan cross chek masing-masing diambil dari staf TU dan guru
sekolah berjumlah pada tiap masing-masing sekolah dua orang. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme Kepala Sekolah
Perempuan di SMA Negeri di Kabupaten Purworejo dapat dijelaskan sebagai
berikut: Pertama, Profesionalisme kepala sekolah perempuan telah memenuhi
kualifikasi umum dan kualifikasi khusus kepemimpinan kepala sekolah. Adapun
aspek penilaian ini di nilai dari a) Segi kompetensi kepribadian; secara
keseluruhan Kepala sekolah perempuan di SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo
telah menunjukkan sifat-sifat yang baik. Kepala sekolah perempuan merupakan
pribadi yang dekat dan akrab dengan staf dan guru. Bahkan ada salah satu dari
kepala sekolah yang dikenal oleh stafnya sebagai pencetus etika di sekolah yang
meliputi budaya tertib, bersih, unggul, jujur, bangga, dan berjejaring. b) Segi
kompetensi kewirausahaan; masing-masing kepala sekolah telah menciptakan
suatu inovasi di sekolahnya, misalnya telah menciptakan inovasi yaitu menjalin
kerjasama dengan pihak luar terutama memanfaaatkan jaringan alumninya yang
saat ini berada di kota-kota besar. Kemudian, membuat inovasi dengan menjalin
sister school. c) Segi kompetensi supervisi; konsep yang diterapkan masingmasing
kepala sekolah dengan model kelompok, dengan cara memberikan materi
kepada guru dari segi materi yang lemah. d) Segi kompetensi sosial masingmasing
kepala sekolah sudah mampu berpartisipasi dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan. Kedua, Kendala yang dihadapi oleh pemimpin perempuan yaitu
Kinerja kepala sekolah yang belum optimal, Minimnya pemahaman guru terhadap
tugas dan tanggung jawab, Kemampuan manajemen konflik masih kurang
memadai. Ketiga, Upaya kepala sekolah perempuan untuk mengatasi kendala
kepemimpinannya yaitu melakukan pengarahan intensif kepada guru dan staf
terkait pentingnya suatu program, mendayagunakan sumber daya sekolah secara
optimal, dan sebagainya.
Kata kunci : profesionalisme kepala sekolah, perempuan.Oktaviana Ika Pratiwi2015-03-20T03:29:49Z2019-01-29T16:21:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5862This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58622015-03-20T03:29:49ZPROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN
DI SMA NEGERI DI KABUPATEN PURWOREJOABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Profesionalisme
Kepala Sekolah Perempuan di SMA Negeri Di Kabupaten Purworejo, mengetahui
kendala yang dihadapai kepala sekolah perempuan dalam kepemimpinanya.
mengetahui upaya kepala sekolah perempuan untuk mengatasi kendala dalam
kepemimpinanya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain fenomenologi jenis
deskriptif. Informan kunci penelitian adalah tiga orang kepala sekolah perempuan,
sementara informan cross chek masing-masing diambil dari staf TU dan guru
sekolah berjumlah pada tiap masing-masing sekolah dua orang. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme Kepala Sekolah
Perempuan di SMA Negeri di Kabupaten Purworejo dapat dijelaskan sebagai
berikut: Pertama, Profesionalisme kepala sekolah perempuan telah memenuhi
kualifikasi umum dan kualifikasi khusus kepemimpinan kepala sekolah. Adapun
aspek penilaian ini di nilai dari a) Segi kompetensi kepribadian; secara
keseluruhan Kepala sekolah perempuan di SMA Negeri Se-Kabupaten Purworejo
telah menunjukkan sifat-sifat yang baik. Kepala sekolah perempuan merupakan
pribadi yang dekat dan akrab dengan staf dan guru. Bahkan ada salah satu dari
kepala sekolah yang dikenal oleh stafnya sebagai pencetus etika di sekolah yang
meliputi budaya tertib, bersih, unggul, jujur, bangga, dan berjejaring. b) Segi
kompetensi kewirausahaan; masing-masing kepala sekolah telah menciptakan
suatu inovasi di sekolahnya, misalnya telah menciptakan inovasi yaitu menjalin
kerjasama dengan pihak luar terutama memanfaaatkan jaringan alumninya yang
saat ini berada di kota-kota besar. Kemudian, membuat inovasi dengan menjalin
sister school. c) Segi kompetensi supervisi; konsep yang diterapkan masingmasing
kepala sekolah dengan model kelompok, dengan cara memberikan materi
kepada guru dari segi materi yang lemah. d) Segi kompetensi sosial masingmasing
kepala sekolah sudah mampu berpartisipasi dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan. Kedua, Kendala yang dihadapi oleh pemimpin perempuan yaitu
Kinerja kepala sekolah yang belum optimal, Minimnya pemahaman guru terhadap
tugas dan tanggung jawab, Kemampuan manajemen konflik masih kurang
memadai. Ketiga, Upaya kepala sekolah perempuan untuk mengatasi kendala
kepemimpinannya yaitu melakukan pengarahan intensif kepada guru dan staf
terkait pentingnya suatu program, mendayagunakan sumber daya sekolah secara
optimal, dan sebagainya.
Kata kunci : profesionalisme kepala sekolah, perempuan.Oktaviana Ika Pratiwi