Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:15:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-08T07:14:55Z2020-09-24T04:13:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44441This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/444412016-12-08T07:14:55ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA
JAWA PADA SISWA KELAS VIII E SMP N II KARANGMOJO DENGAN
MEDIA VIDEO PERMAINAN ANAK TRADISIONALPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI BERBAHASA
JAWA PADA SISWA KELAS VIII E SMP N II KARANGMOJO DENGAN
MEDIA VIDEO PERMAINAN ANAK TRADISIONAL
Idhanul Ihwan
NIM 07205244175
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
menulis narasi berbahasa Jawa pada siswa kelas VIII E SMP N II Karangmojo.
Keterampilan menulis siswa sebelum diberi tindakan belum berkembang
maksimal. Melalui penggunaan media video permainan anak tradisional,
diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi
berbahasa Jawa.
Desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain model Kemmis dan
Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang
tersusun dalam satu kesatuan siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali
tatap muka. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Siswa diberikan
kegiatan pratindakan sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan
media video permainan anak tradisional. Kegiatan pratindakan bertujuan untuk
mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai
dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, wawancara,
dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Validitas
yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas proses, hasil, dan dialogis.
Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan media video permainan anak tradisional pada siswa kelas VIII E
SMP N II Karangmojo, dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi
berbahasa Jawa. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan proses dan
peningkatan hasil pembelajaran. Peningkatan proses dapat dilihat berdasarkan
semakin aktifnya siswa serta motifasi siswa dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran menulis narasi berbahasa Jawa. Peningkatan tersebut terjadi pada
proses pembelajaran yang berlangsung konduktif, harmonis, menghibur, dan
menyenangkan siswa. Hal tersebut dipengaruhi dengan adanya penggunaan media
pembelajaran berupa video permainan anak tradisional. Media video permainan
anak tradisional merupakan media yang dapat menghibur dan merangsang siswa
memancing ide-ide, sehingga siswa dapat mengembangkan paragraf, kosa kata
siswa semakin bertambah, efisiensi waktu pada kegiatan tes menulis, keaktifan
menulis, dan berkembangnya motivasi. Selain itu, peningkatan hasil pembelajaran
tampak dari hasil peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada kegiatan pratindakan nilai
rata-rata kelas sebesar 46,3 dengan persentase ketuntasan 19%. Setelah dilakukan
tindakan pada siklus I, skor menulis narasi siswa meningkat menjadi 68,3 dengan
persentase ketuntasan sebesar 43,7%. Kemudian pencapaian rata-rata nilai terus
meningkat menjadi 73,5 pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 78%
dan siklus tiga mempunyai rata-rata 75,0 dengan persentase ketuntasan 84%.Idhanul Ihwan