Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:42:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-08T07:04:46Z2019-01-30T12:09:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44409This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/444092016-12-08T07:04:46ZPENINGKATAN MOTIVASI, KEMANDIRIAN, DAN HASIL BELAJAR
MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN
INFORMASI
MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengimplementasikan model Problem Based
Learning pada pelajaran KKPI kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman; (2)
mengetahui efektifitas Problem Based Learning terhadap motivasi, kemandirian, dan
hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik
pengambilan data penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan tes.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 siklus, tiap siklus terdapat 2 kali
pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Siklus II dilaksanakan setelah terdapat refleksi dari siklus I, guna perbaikan kualitas
siklus.
Implementasi PBL dalam proses belajar mengajar menjadi hal baru di SMK
Muhammadiyah 1 Sleman. Hasil dari penelitian ini diketahui: (1) keberhasilan
implementasi PBL dipengaruhi oleh kemampuan subyek dalam melaksanakan PBL di
dalam kelas, pembagian kelompok yang sesuai, dan penyajian masalah yang sesuai;
(2) PBL terbukti efektif menigkatkan motivasi, kemandirian, dan hasil belajar siswa
kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman, dapat diketahui dari kenaikan poin aktif
berpendapat, poin fokus mengerjakan tugas, poin memperhatikan guru, poin
mengajari teman, poin mandiri dalam tugas, poin tuntas dalam tugas, poin inisiatif
memimpin, dan poin disiplin mengumpulkan tugas, sedangkan hasil belajar siswa
diketahui meningkat dari 52,17% menjadi 69,57% lulus di atas KKM (75).
Kata Kunci: PBL, Motivasi, Kemandirian, Hasil Belajar, KKPIZuhaidah Ihtisyamah