Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:16:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-27T08:24:24Z2019-10-01T11:36:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45162This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/451622016-12-27T08:24:24ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016
LOKASI : SMP NEGERI 2 MLATI
JALAN PERKUTUT, SINDUADI, MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTAPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wahana untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diterima di bangku kuliah secara langsung di lembaga pendidikan (sekolah). Kegiatan PPl ini bertujuan memberikan pengalaman lapangan faktual mengenai proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah lainnya, sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional, memiliki sikap ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang keprofesian.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 2 Mlati, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun mahasiswa melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 30 kali. Kelas yang di ajar sebanyak 4 kelas, yaitu VIII A, VIII B, VIII C, VIII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain observasi,demontransi,eksperimen, disku kelompok, make and match, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, slide power point, LKPD beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pratikum. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolahan kelas, peserta didik sulit untuk di kendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pencarian jati diri.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya disekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidikyang profesional dan berkualitas.Ide Engga Yonanda Ide Engga Yonanda