Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:14:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-20T03:32:20Z2019-01-29T15:56:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4343This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43432015-03-20T03:32:20ZPEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI
SE-KABUPATEN SLEMAN DALAM PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN JASMANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan TIK
oleh guru pendidikan jasmani di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di SMA
Negeri se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga seluruh guru pendidikan jasmani di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman yang
berjumlah 31 guru dijadikan subjek penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha
Cronbach, dengan memperoleh koefisien reliabilitas 0,949 dan uji validitas menggunakan korelasi Product Moment. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa sebanyak 5 guru (16,1%)
mempunyai tingkat pemanfaatan TIK dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 5 guru (16,1%) dengan kategori tinggi, sebanyak 9 guru (29,0%) dengan kategori sedang, sebanyak 8 guru (25,8%) dengan kategori rendah dan sebanyak 4 guru (12,9%) dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pemanfaatan TIK oleh guru pendidikan jasmani di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman dalam pembelajaran pendidikan jasmani adalah rendah.
Kata kunci : TIK, guru, pendidikan jasmani
Ibnu Fatkhu Royana