Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:10:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-20T02:28:27Z2019-01-30T08:03:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32960This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/329602016-05-20T02:28:27ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI
INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARIEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA KOMPETENSI
INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARI
Oleh:
Ibnu Setyo Nugroho
NIM 11501244024
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan peningkatan
kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah kognitif siswa yang
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media
macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran
konvensional di SMK Negeri 2 Wonosari, 2) mengetahui perbedaan kompetensi
instalasi penerangan listrik pada ranah afektif siswa yang menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan
siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMK Negeri 2
Wonosari.
Jenis penelitian ini adalah kuasi experimen dengan desain penelitian
nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI
Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Jumlah populasi
sebanyak 62 siswa. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 42 siswa.
Perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran
berbasis masalah berbantuan media macromedia flash, sedangkan pada kelas
kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes untuk mengetahui ranah kognitif dan angket untuk mengetahui
ranah afektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji
N-gain, dan uji-t.
Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan
pada peningkatan kompetensi instalasi penerangan listrik pada ranah kognitif
siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan
media macromedia flash dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran
konvensional yaitu thitung sebesar 2,818 > ttabel sebesar 2,021 dengan sig.(2-tailed)
sebesar 0,007; 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi
instalasi penerangan listrik pada ranah afektif siswa yang menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah berbantuan media macromedia flash dengan
siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu thitung sebesar
1,129 < ttabel sebesar 2,021 dengan sig.(2-tailed) sebesar 0,265.
Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, media macromedia flash, dan
instalasi penerangan listrikSetyo Nugroho Ibnu