Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:20:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-08T06:37:20Z2019-10-01T12:01:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39116This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/391162016-08-08T06:37:20ZLAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2014
SMP N 3 KALASANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan
bersifat intrakurikuler dan wajib dilakukan oleh mahasiswa UNY yang bertujuan
agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan
kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk
mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang
profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang
diperlukan dalam profesi.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri
Yogyakarta secara langsung di sekolah selama 2,5 bulan mulai dari tanggal 2 Juli
2014 sampai dengan 17 September 2014. Selama kegiatan PPL, mahasiswa
praktikan turun langsung untuk mengajar didalam kelas. 8x pertemuan adalah target
minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL
adalah SMP N 3 Kalasan. Disekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untuk
mengampu dua (2) kelas, yaitu kelas VII A dan VII B.Praktik mengajar dimulai dari
tanggal11 Agustus 2014 sampai 15 September 2014. Metode Saintifik, Diskusi
Kelompok, dan Discovery Learning merupakan metode yang dipilih untuk proses
pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang
menginginkan jalannya pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered).
Power Point, gambar, model, video merupakan media yang digunakan untuk menarik
perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran.
Banyak kendala yang dialami selama PPL,namun hal tersebut bukanlah penghalang
yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini.
Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing
oleh guru pembimbing.. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan
sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik
yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan
pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa praktikan dapat memperoleh
bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yang
terkait denagn dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerjasama, kerja keras dan
disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, dengan
terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidik
yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baikI Ketut Satwika Sudina Putra I Ketut Satwika Sudina Putra