Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:02:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-23T02:54:34Z2019-10-01T11:48:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35181This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/351812016-06-23T02:54:34ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK NEGERI 3 MAGELANGTujuan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah sebagai wahana
pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Ssedangkan
misi dari kegiatan PPL adalah: 1) menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau
tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan
professional; 2) mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah
dikuasainya kedalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan;
memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan; serta 4)
mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan
Praktik Pengalaman Lapangan di SMKN 3 MAGELANG dimulai sejak
tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015. Sebelum
melaksanakan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan
pembelajaran yang ada di SMKN 3 MAGELANG. Observasi tersebut
dilaksanakan pada Juli 2015. Selain mengadakan observasi terhadap pembelajaran
di kelas, mahasiswa juga berusaha mencari informasi dari guru mengenai kondisi
dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam KBM, dan juga faktor penghambat
yang sering ditemui ketika KBM berlangsung. dari hasil observasi tersebut,
mahasiswa melakukan konsultasi terhadap dosen pembimbing mikro untuk
kemudian ditindaklanjuti dengan membuat RPP dan program kerja yang sesuai
dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikkan
mendapat tugas untuk mengajar X Boga 2 dan XI Boga 2. Adapun program kerja
yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah;
1) pengadaan media pembelajaran power point, papan mind map; 2) pembuatan
modul dan 3) pembuatan RPP dan perangkat pembelajaran
Dari keseluruhan program, hampir semua terlaksana dengan baik. Dalam
kegiatan PPL, praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 9 kali tatap
muka di kelas dan dengan pembuatan silabus, program tahunan, program smester,
dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang
akan diajarkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain
melakukan kegiatan PPL, praktikan juga melakukan kegiatan yang berhubungan
dengan jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana baik yang diselenggarakan
sekolah maupun kegiatan di luar sekolah.INNEKE KUSUMA DEWI INNEKE KUSUMA DEWI