Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:06:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-21T00:16:52Z2019-01-29T21:25:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17092This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/170922015-04-21T00:16:52ZIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI
SISWA KELAS X AK 3 SMKN 1 GODEAN
TAHUN AJARAN 2014/2015Oleh:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi
melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X AK 3 SMKN 1 Godean Tahun
Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
selama dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X AK 3 SMKN 1 Godean
tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi
sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi Aktivitas Belajar
Akuntansi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data yang
digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan serta analisis data kuantitatif yang terdiri dari
penilaian Aktivitas Belajar Akuntansi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)
dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X AK 3 SMKN 1
Godean Tahun Ajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan
Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Indikator memperhatikan
saat guru menerangkan mengalami peningkatan 11,67% dari siklus I 88,33%
menjadi 100% pada siklus II. Indikator bertanya mengenai materi yang belum
paham mengalami peningkatan sebesar 32,1% dari siklus I 55% menjadi 87,1%
pada siklus II. Indikator menjawab pertanyaaan yang diajukan guru mengalami
peningkatan sebesar 18,93% dari siklus I 63,33% menjadi 82,26% pada siklus II.
Indikator siswa mengemukakan pendapat saat diskusi mengalami peningkatan
3,65% dari siklus I 86,67% menjadi 90,32% pada siklus II. Indikator mengerjakan
tugas kelompok yang diberikan guru mengalami peningkatan 3,33% dari siklus I
96,67% menjadi 100% pada siklus II. Indikator mengerjakan kuis secara mandiri
mengalami peningkatan sebesar 6,67% dari siklus I 93,33% menjadi 100% pada
siklus II. Indikator mencatat materi pelajaran yang telah dijelaskan mengalami
peningkatan sebesar 35,5% dari siklus I 50% menjadi 85,5% pada siklus II.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, STAD, SMKN 1 GodeanNUR INAYATI