Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:38:10ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-04T06:57:49Z2019-01-29T17:25:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8201This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82012012-12-04T06:57:49ZPERBEDAAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL
TEACHING DAN TUTOR SEBAYA TERHADAPMOTIVASI DAN
PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X
SEMESTER 2 MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM
YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
positif dan signifikan dalam motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X
Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 setelah mengikuti
pembelajaran menggunakan metode ekspositori, reciprocal teaching dan tutor sebaya
jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian factorial experimental designs
dengan desain (1) tiga faktor tiga sampel, (2) tiga faktor, tiga sampel dan satu
kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Ali
Maksum Yogyakarta yang berjumlah 196 peserta didik dan terbagi dalam 7 kelas.
Sampel terdiri dari tiga kelas, yaitu 1 kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis varian (anava) dan analisis kovarian (anakova).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) tidak ada perbedaan motivasi belajar
kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun
Ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode
reciprocal teaching, tutor sebaya, dan ekspositori (b) tidak ada perbedaan prestasi
belajar kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum
Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran kimia
menggunakan metode reciprocal teaching dan metode ekspositori jika pengetahuan
awal peserta didik dikendailkan secara statistik (c) ada perbedaan prestasi belajar
kimia antara peserta didik kelas X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun
Ajaran 2011/2012 yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan metode tutor
sebaya dan metode ekspositori jika pengetahuan awal peserta didik dikendailkan
secara statistik (d) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik kelas
X Semester 2 MA Ali Maksum Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengikuti
pembelajaran kimia menggunakan metode reciprocal teaching dan metode tutor
sebaya jika pengetahuan awal peserta didik dikendailkan secara statistik.
Kata kunci: reciprocal teaching, tutor sebaya, ekspositori, motivasi belajar,
prestasi belajar.RATNAWATI IKA