Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:56:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-21T16:12:46Z2019-01-29T19:12:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13539This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/135392015-03-21T16:12:46ZPENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V MIS SIDOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V MIS Sidorejo tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan bentuk desain statis dua kelompok. Variabel terikat kemampuan membaca pemahaman dan variabel bebasnya adalah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIS Sidorejo tahun ajaran 2013/2014. Objek penelitian ini adalah efektivitas strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan membandingan hasil nilai rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai rata-rata hasil belajar Pre test pada pada kelas kontrol 82,4 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 84,7. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Post test pada kelas control 88 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 91. Dari data tersebut, terlihat rata-rata kelas eksperimen baik pada rata-rata nilai Pre test maupun Post test lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V MIS Sidorejo tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Kemampuan Membaca PemahamanTolibin I'anatut