Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:08:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-01-19T02:44:27Z2019-05-08T15:24:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11803This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/118032015-01-19T02:44:27ZPengembangan E-learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 3 KupangPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-learning mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa SMA Negeri 3 Kupang; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk e-learning TIK.
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi perencanaan produk, desain produk dan pengembangan produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Kupang berjumlah 70 orang terdiri atas 6 orang siswa untuk uji beta dan 64 orang peserta didik untuk validasi program (32 siswa untuk kelompok e-learning dan 32 orang peserta didik untuk kelompok Power Point). Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, dan pengguna untuk mengetahui kualitas kelayakan e-leaning dan tes hasil belajar kognitif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan e-learning TIK.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-learning TIK yang dihasilkan adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi Moodle 1.9.12. E-learning TIK menyajikan materi pembelajaran TIK, khususnya kelas X, SK ke-5, KD ke-5.1 beserta modul, video, latihan, tugas dan tesnya. E-learning layak sebagai media pembelajaran TIK berdasarkan validasi ahli media, materi dan siswa, kelayakannya mencapai rerata skor 4.16 (kategori “Baik”); (2) peningkatan hasil belajar TIK siswa menggunakan e-learning lebih baik dari pada Power Point berdasarkan pencapaian hasil belajar. Untuk pencapaian KKM kelompok e-learning yang berjumlah 32 orang siswa, pada pretest dinyatakan tuntas 5 orang siswa (16%) dan 27 orang siswa (84%) dinyatakan belum tuntas, selanjutnya pada posttest dinyatakan tuntas 30 orang siswa (94%) dan 2 orang siswa (6%) dinyatakan belum tuntas sedangkan kelompok Power Point yang berjumlah 32 orang siswa, pada pretest dinyatakan tuntas 3 orang siswa (9%) dan 29 orang siswa (91%) dinyatakan belum tuntas, selanjutnya pada posttest dinyatakan tuntas 24 orang siswa (75%) dinyatakan tuntas dan 8 orang siswa (25%) dinyatakan belum tuntas.ariyanto, s Helianak