Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:03:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-05-12T03:18:12Z2019-01-30T14:06:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48999This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/489992017-05-12T03:18:12ZPENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMPO (Studi Kasus Pada Merek Clear)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian sampo merek Clear, (2) pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sampo merek Clear, dan (3) pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian sampo merek Clear.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui metode survey. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Sampel
dalam penelitian ini adalah 110 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menjawab hipotesis adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,197 dengan nilai signifikansi sebesar 0,030, lebih kecil dari 0,05 dan
koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,296; (2) Brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,320 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05 dan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,955, dan (3) Celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dibuktikan
dengan hasil F hitung sebesar 58,147 dengan signifikansi sebesar 0,000. Nilai adjusted R square sebesar 0,512 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah sebesar 51,2%,
dan sisanya sebesar 48,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.Naufal Heda