Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:51:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-12T05:09:31Z2015-06-12T05:09:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20454This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/204542015-06-12T05:09:31ZPENGEMBANGAN BUTIR SOAL MATEMATIKA SD DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR SEBAGAI UPAYA DALAM PENGADAAN BANK SOALPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan butir-butir soal yang berkriteria baik dan melakukan penyetaraan butir soal perangkat tes mata pelajaran Matemarika SD yang disiapkan untuk bank soal. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Sampel siswa berjumlah 258 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Perangkat tes yang diujikan meliputi dua paket soal (MAT_1 dan MAT_2) yang masing-masing terdiri dari 40 butir soal. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan program Iteman 3.00 untuk analisis dengan teori tes klasik dan program Bilog MG untuk analisis dengan teori respons butir model dua parameter. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan dari 40 butir soal perangkat tes MAT_1 diperoleh 28 butir soal, sedangkan perangkat tes MAT_2 diperoleh 24 butir soal yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam bank soal. Ke-52 butir soal dari perangkat tes MAT_dan MAT_2 diarsip secara digital dengan aplikasi komputerNila Hayatihayatisyahdani@gmail.comDjemari Mardapi2014-06-02T04:08:32Z2022-07-11T07:03:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11135This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/111352014-06-02T04:08:32ZPengembangan Butir Soal Matematika SD Di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya Pengadaan Bank SoalPenelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menghasilkan produk berupa butir-butir soal yang berkriteria baik yang dikembangkan dan disiapkan untuk bank soal. 2) untuk melakukan penyetaraan butir soal perangkat tes mata pelajaran Matematika SD yang dikembangkan untuk bank soal.
Penelitian pengembangan ini melalui 8 tahapan, yaitu perencanaan, penyusunan kisi-kisi, penulisan soal, penelahaan soal atau analisis kualitatif soal, uji coba prapenelitian, analisis secara tes klasik, uji coba penelitian, kalibrasi soal, dan pengarsipan Bank Soal. Sampel siswa ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 258 orang siswa. Perangkat tes yang diujikan meliputi dua paket soal (MAT_1 dan MAT_2) yang masing-masing terdiri dari 40 butir soal. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan program Iteman 3.00 untuk analisis dengan teori tes klasik dan program Bilog MG untuk analisis dengan teori respons butir model dua parameter.
Hasil analisis kuantitatif menunjukkan dari 40 butir soal perangkat tes MAT_1 dan perangkat tes MAT_2 diperoleh berturut-turut 29 butir dan 26 butir soal yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam bank soal. Rerata tingkat kesukaran untuk perangkat tes MAT_1 dan MAT_2 masing-masing sebesar 0,5968 dan 0,473. Rerata daya beda perangkat tes MAT_1 dan MAT_2 masing-masing sebesar 0,623 dan 0,670. Fungsi informasi tertinggi perangkat tes MAT_1 sebesar 761,943 dengan SEM 0,036 pada kemampuan (θ) = 0,5, sedangkan perangkat tes MAT_2 sebesar 769,561 dengan SEM 0,036 pada kemampuan (θ) = 0,0. Konversi penyetaraan tingkat kesukaran butir MAT_1 ke MAT_2 dengan persamaan bY* = 0,715bX – 0,136. Konversi penyetaraan parameter daya beda butir perangkat tes MAT_1 ke perangkat tes MAT_2 adalah αy*= . Konversi kemampuan peserta yang mengerjakan perangkat tes MAT_1 dengan perangkat tes MAT_2 adalah θY* = 0,715θX – 0,136. Perangkat tes MAT_1 lebih sulit dari perangkat tes MAT_2. Ke-55 butir soal dari MAT_dan MAT_2 diarsip secara digital dengan aplikasi komputer.Nila Hayati