Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:04:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-27T05:15:30Z2019-10-01T11:36:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48321This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/483212017-03-27T05:15:30ZLAPORAN INDIVIDU
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi
Mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku
kuliah. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk melakukan pembelajaran,
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam kehidupan
nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sebagai
upaya mempersiapkan pengalaman dan bekal mahasiswa sebagai sumber daya
pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan yang sebenarnya.
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga yang
menghasilkan tenaga kependidikan telah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan
agar mampu menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih profesional. Salah satu
model yang dipilih adalah pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) secara
terbimbing. PPL bermisi pembentukan dan peningkatan kemampuan tenaga pendidik
yang professional. PPL UNY yang berlokasi di SMA Negeri 3 Bantul ini dimulai
pada tanggal 15 Juli 2016 dan berakhir pada tanggal 15 September 2016. Kegiatan
PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan.
Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan
perubahan proses pembelajaran yang aktif, menarik, mudah, serta melatih
keterampilan proses siswa dalam belajar PKn. Dalam hal ini Praktik Pengalaman
Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang
bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Mahasiswa menjalankan program mengajar
minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar yang digunakan praktikan
menggunakan metode diskusi (Cooperative learning), Rechistation Method,
ceramah,Kuis, serta tanya jawab. Untuk mendukung metode yang digunakan pada
saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi Laptop, PPT dll.
Pada praktik mengajar (PPL) di SMA Negeri 3 Bantul ini, praktikan telah
menyeselesaikan tugas secara umum mengajar sebanyak 8 kali masuk kelas, yaitu
kelas XI IPA 3, XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Praktik mengajar di kelas dapat
dikatakan berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala dan hambatan dalam
melakukan PPL baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Adapun beberapa
hambatan pada waktu mengajar antara lain kecenderuang berpikir siswa yang
menganggap bahwa PKn merupakan pelajaran yang membosankan. Namun semua
ini dapat diatasi dengan menggunakan metode yang tepat misalnya dengan metode
resistasi sehingga siswa dapat lebih berpikir kritis.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya
program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.
Harapannya, mahasiswa PPL UNY 2016 tidak hanya transfer of knowledge tetapi
juga transfer of value sehingga diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan
sebagai upaya memajukan dunia pendidikan di Indonesia.Haryo Wisnu Murti Haryo Wisnu Murti