Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:46:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-08T07:33:58Z2019-01-29T20:28:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15686This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/156862015-04-08T07:33:58ZUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SD N CATURTUNGGAL 3Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan gambar berseri pada siswa Kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Kabupaten Sleman, tahun ajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 yang berjumlah 29 siswa. Desain Penelitian yang digunakan yaitu desain siklus dengan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Metode penelitian yang digunakan meliputi: 1) Tes, 2) Observasi, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunakan gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa Kelas IV SD Negeri Caturtunggal 3 Depok, Kabupaten Sleman. Peningkatan ini ditunjukan dengan nilai rata-rata siswa pada pra tindakan sebesar 67,41 meningkat menjadi 72,03 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 77,51.
Kata Kunci: menulis karangan deskripsi, gambar berseri.Rahayu Haryati