Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:35:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-24T01:05:26Z2019-01-30T09:16:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33166This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/331662016-05-24T01:05:26ZPENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERCETAK MATA PELAJARAN
GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO
SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAPENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERCETAK MATA PELAJARAN
GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO
SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Disusun Oleh:
Sugeng Haryadi
11518241018
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menyusun modul pembelajaran
berbasis masalah untuk mata pelajaran Gambar Teknik dan (2) mengetahui
kelayakaan modul pembelajaran berbasis masalah untuk mata pelajaran Gambar
Teknik pada Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3
Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Subjek
dalam penelitian adalah siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Objek dalam penelitian
adalah modul mata pelajaran Gambar Teknik. Proses penelitian ini menyesuaikan
pada model Borg and Gall (2007), penelitian hanya sampai uji kelayakan.
Instrumen yang diambil dalam proses pengembangan bahan ajar tercetak berupa
lembar angket. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian kuantitatif
merupakan metode analisis deskriptif. Skala Likert dengan empat variasi jawaban
merupakan skala yang digunakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar tercetak untuk
siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 3
Yogyakarta ditinjau dari aspek penyajian, penggunaan media dan materi adalah
layak digunakan. Hal ini didasarkan pada penilaian dari ahli materi mendapatkan
kategori 100% “Sangat Layak” sedangkan dari ahli media mendapatkan kategori
“Layak” dengan distribusi frekuensi 78%. Dari sisi pengguna modul ada 2 grup
sebagai berikut (1) Small Group Test mendapatkan kategori “Layak” nilai rata-rata
93 dengan distribusi frekuensi 77,5% dan (2) Big Group Test dalam proses
tersebut diperoleh kategori “Layak” nilai rata-rata 87 dengan distribusi frekuensi
72,5% dari 34 siswa.
Kata kunci: bahan ajar, modul, gambar teknikSugeng Haryadi