Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:08:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-10T07:36:52Z2019-01-30T10:17:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39130This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/391302016-08-10T07:36:52ZPENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN SELEBRITI ENDORSER TERHADAP KESADARAN MEREK DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND ATTITUDE MINUMAN DALAM KEMASAN (Studi Kasus Pada Iklan Teh Ichitan di Yogyakarta)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh daya tarik iklan
terhadap kesadaran merek teh Ichitan (2) pengaruh selebriti endorser terhadap
kesadaran merek teh Ichitan, (3) pengaruh kesadaran merek terhadap brand
attitude teh Ichitan.
Penelitian ini merupakan penelitian survei, karena instrumen penelitian ini
menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Populasi dalam penelitian ini
adalah masyarakat Yogyakarta yang pernah melihat iklan teh Ichitan. Sampel
sebanyak 165 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji
validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analisys sedangkan untuk
uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis jalur dengan program AMOS versi 22.0
Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) daya tarik iklan secara signifikan
berpengaruh positif terhadap kesadaran merek dengan nilai CR 5,545 > 1,96. (2)
selebriti endorser secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesadaran merek
dengan nilai CR 4,175 > 1,96 dan p-value 0,000 < 0,05. (3) kesadaran merek
secara signifikan berpengaruh positif terhadap brand attitude teh Ichitan dengan
nilai 16,21 > 1,96 dan p-value 0,000 < 0,05. Pengaruh langsung variabel
kesadaran merek (0,757) sebagai variabel intervening terhadap brand attitude
terbukti lebih besar dari pengaruh langsung variabel daya tarik iklan (0,259) dan
selebriti endorser (0,345) terhadap brand attitude.Kefas Hartono